celoteh krucil #17: sayang Nabi Muhammad

Beberapa hari yang lalu, Emak lagi leyeh-leyeh ngeblog di kamar. Ayahnya nemenin dengerin lagu anak islam. Entah apa yang terjadi eh nangis kenceng. Ea. Kenapa tu bocah?

Kata ayahnya karena baper dengerin lagu Ya Nabi Salam ‘Alayka, Ya Rasul Salam ‘Alayka.. MasyaAllah. Ini keknya gegara saya nyimpen videonya Ustadz Hanan Attaki yang judulnya Orang Paling Sibuk di Akhirat. Tonton saja di yutub berikut


Saya peluk itu bocah. Kata ayahnya, kakak nailah jadi sedih karena Nabi Muhammad udah meninggal. Jadi susah nyontoh beliau.. (eaaa jadi baper sayah 😭😭😭 baper berjamaah deh) Saya bilang, ummi juga pernah kangen banget sama Rasulullah. Kalo kita kangen, kita baca shalawat untuk Rasulullaah. Rasululullaah juga sayang sama kita. Kakak inget yang di video itu? Rasulullaah nanti akan menolong kita di akherat, padahal nggak kenal sama kita… Rasulullah sayang banget sama umatnya.. heuheu, saya peluk itu bocah.

Oalah nak. Ummi pun pernah ngerasa rindu banget sama Rasulullah. Orang yang paling baik akhlaknya. Orang yang paling disayang Allah. Orang yang paling baik sama keluarganya. Paling sayang sama umatnya. Tidak akan masuk surga umat-umat nabi terdahulu sebelum umat terakhir Nabi Muhammad nak..

Shollu ‘ala muhammad..

Advertisements

30 my age πŸ˜’

Menjelang usia saya yang kepala tiga ini saya jadi teringat momen dimana mama saya pernah menjadi single parent.. 😭😭 Kala itu mama saya berusia 33 tahun dengan 3 anak piyik. Saya masih kelas 1 smp, adek yang nomer dua masih kelas 4 sd kali yak, dan yang nomer tiga masih 1,5 tahun. Hidup sebagai single parent di kala itu nggak mudah. Secara ya,,masih kinyis-kinyissss bo. Banyak yang ngrasani. Banyak yang menggoda. Ada yang ngelabrak. Ada brondong muda yang mendekat. Ah macem-macem lah ceritanya.. Saya ingat itu semua, tapi waktu itu saya nggak bisa saling cerita dan bicara dengan beliau. Kita memilih bahasa diam. Mama saya diam, kadang tiba-tiba menangis. Saya juga diam nggak ngerti mesti gimana..MasyaAllah,betapa tabah dan sabarnya mama saya kala itu yak.. πŸ˜–πŸ˜–

… Sampai suatu saat dimana saya dewasa dan menikah, saya jadi tau…

Mama saya pernah bilang, mama punya dua anak perempuan, mama nggak pengen ngerusak rumah tangga orang lain pun seandainya itu bisa dilakukan.. Mama cuman nggak pengen, kalo anak-anak mama yang mengalami itu gimana rasanya? Pasti sedih dan menyakitkan kan. Mama nggak cuman mikiri enaknya mama aja. Anak-anak gimana..

Jadi dulu, setelah menjadi single parent itu.. ada mas-mas brondong yang umurnya kira-kira 24 an lah mendekati mama saya. Mama saya cuman bilang, sampean tu masih muda. masih lebih layak dapet yang lebih muda. Ya itu tadi. Beliau cuman nggak mau anak-anak perempuannya kelak mengalami hal yang pahit-pahit. Kata mama, segala hal nggak enak biar mama aja yang ngalamin.. Ya Allah,sayangilah mamaku selalu..

Mama saya juga orang paling depan yang menyuruh saya nggak boleh bekerja. Kamu kalo kerja, nanti siapa yang merhatiin suamimu? Sama-sama capek. Gtu katanya. Yawes saya iyah-iyah aja. Walopun kadang jujur saja namanya juga manusia biasa kadang ada lah masa nya saya pengen bekerja kantoran pake jas apoteker. Wkwkwkwk. Atau pake jas lab kerja di lab. Ih mimpi saya banget itu dulu, kerja barengg mikroskop setiap hari. Sampe ngebayangin tinggal di tepi pantai, punya rumah di tepi pantai dan punya mini laboratorium di dalam rumah.

Suatu saat saya pernah nawari beliau hape android. Ya biar kami mudah berkomunikasi. Jaman udah canggih, kan kita pengen yak video call an sama beliau. Jawab beliau apa? Nggak ah. Mendingan hape jadul. Banyak bahayanya itu lanjut beliau. Apa itu wa itu.. Begh bisa-bisa ada yang menggoda mama. Kita tuh tambah lama menikah godaannya makin banyak (iya,akhirnya mama saya menikah lagi pas saya kelas 3 smp). Ada aja lah dari mana-mana. Beliau tu beneran pesen sama saya, kalo nggak penting-penting banget gak usah ya chat chat sama laki-laki. Apalagi curhat-curhat sama laki-laki. Lebih baik hati-hati dan dihindari yang kayak gitu. Saya iyah-iyah ajah (namanya juga dinasehati dengerin aja dulu kan..). Ya saya tau diri juga kalik. Kalo gak penting-penting amat saya nggak akan nanggepin. Ngapain. Kek gak ada orang lain aja selain saya apah. Istri orang ini tauk. Yaa once you open the door, i think you will give another chance, bener juga kata mama saya. Bahasa jawanya mah witing trisno jalaran soko… Gak ono maneh!! πŸ˜ͺ Inget. Sesuatu yang dulunya tabu jadi nggak tabu karena apa? Ya karena itu tadi, karena dianggap biasa aja..

Eh eh katanya begini,wew…

Nah looooo…

Terkait gambar di atas, ada kebiasaan lucu mama saya.jadi inbox sms nya itu nyaris selalu bersih.cuman biar apa?yaaa biar nggak rame aja kalo sewaktu-waktu papa saya liat.jadi gambar di atas nggak selalu berarti kek gtu yak.. 😁

Mama juga pernah bercerita.. Bahkan dulu, kalo ada tamu laki-laki alm bapak saya, mama saya nggak boleh tu ikut ketemu. Cukup menyuguhkan makanan/minuman, udah masuk lagi ke dalam ruangan lain. Tapi mama saya juga baik-baik aja digitukan, soalnya bapak saya juga gak pernah lirak-lirik sana-sini. Alm bapak saya termasuk yang kaku soal gimana berinteraksi dengan perempuan lain. Bener-bener secukupnya aja nyapa perempuan lain selain mama saya. So sweet dah kisah mereka itu.. alm bapak saya dan mama itu dulunya sama-sama punya banyak mantan wkwkwk bahasa kerennya playboy and playgirl gtu.. tapi begitu mereka menikah gak ada lagi tuh tebar-tebar pesona. gak kayak jaman sekarang yak. makin tua makin menjadi. Makin tebar pesona sana-sini. 

Ah, jadi nostalgila deh saya.. mudah-mudahan Allah selalu menyayangi kedua orang tua saya. Tanpa mereka, apalah saya..

Tapi akhirnya beberapa waktu yang lalu saya jadi tau. Ada yang share video di newsfeed fesbuk (jaman sekarang kan apa yang ada di newsfeed fesbuk suka dijadiin berita di portal-portal berita bahkan kadang sampe masuk tv, dih kurang berita apa gimana sih yak). Pekerjaan paling luar biasa bagi para iblis tu katanya ya berusaha merusak rumah tangga dengan segala cara. Bahkan kalo mereka laporan sama bosnya saya udah menyuruh manusia ini itu kurang bergengsi pekerjaannya, yang paling oke tuh ya merusak rumah tangga anak manusia sampai membuat mereka bercerai. Duh, naudzubillaah.. Saya pernah nonton di link inih:

Hmm. Jadi ngeri sendiri. Mudah-mudahan Allah selalu menjaga rumah tangga saya. Sebaik-baik penjagaan hanya penjagaanNya.. aamiin

..kalo candaan saya sama temen-temen.kita-kita kaum perempuan ini tambah lama kek mobil,harga jualnya tambah turun.tapi kalo laki-laki tuh ibarat properti,makin lama makin naik terus harga jualnya.ya iya,mereka tambah lama,harusnya secara karir semakin bagus.duit harusnya semakin stabil.lha perempuan?belom beberapa kali turun mesin akibat hamil-melahirkan-menyusui.tapi percayalah,kamu cantik luar biasa di mata Allah. 😍…

w.a.n.i.t.a

Copas no resource.mohon maaf tidak menyertakan sumber.cause it viral on my handphone 😁

β€’ Tahukah engkau …. 

Bahwa yang pertama kali tinggal di Masjidil Haram adalah 

    ~~~~~~~~~~

    ‘W A N I T A’

    ~~~~~~~~~~

Itulah ibunda kita ‘Siti Hajar’ 

istri Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam …..
β€’ Tahukah engkau …. 

Bahwa yang pertama kali beriman kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam adalah 

    ~~~~~~~~~~

    ‘W A N I T A’

    ~~~~~~~~~~

Itulah istri beliau ‘Siti Khadijah’ Radhiyallahu ‘Anha ….
β€’ Tahukah engkau …. 

Bahwa darah yang pertama kali tumpah di jalan ALLAH Subhanahu wa Ta’ala adalah darah 

    ~~~~~~~~~~

    ‘W A N I T A’

    ~~~~~~~~~~

Itulah darah ‘Syahidah Sumayyah’ ibunya Ammar Bin Yasir …..
β€’ Tahukah engkau …..

Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Al-Qur’an dan di dalamnya ada Surah bernama 

    ~~~~~~~~~~

     ‘W A N I T A’

    ~~~~~~~~~~

          (An-Nisaa’)

Itulah surah ke 4, dan surah terpanjang ke 4 dalam Al-Qur’an, ada 176 ayat setelah Al-Baqarah 286 ayat ; Al-A’Raaf 206 ayat dan Ali Imran 200 ayat.

Sementara Surah ‘Ar-Rijaal’ (Laki-Laki) tidak kita temukan didalam 114 Surah.
β€’ Tahukah engkau……

Nabi Saw bersabda : 

“aku berwasiat pada kalian agar bersikap baiklah terhadap 

    ~~~~~~~~~~

     ‘W A N I T A’

    ~~~~~~~~~~

Itulah kalimat yang beliau ulang2 hingga 3 kali dalam khutbah perpisahan beliau (wada’) sebelum beliau Shalallahu ‘Alaihi Wasallam meninggalkan kita semua selamanya…
β€’ Tahukah engkau …….

Nabi Saw bersabda :

“Siapa yang memiliki 

    ~~~~~~~~~~~~

     3 Anak Wanita 

    ~~~~~~~~~~~~

kemudian mendidiknya dan berhasil baik dalam pendidikannya, maka itu akan menjadi pembebas baginya dari Api Neraka”

Sahabat bertanya : 

“Bagaimana jika hanya 2 Anak Wanita saja wahai Rasulullah?”

Jawab Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam : 

“2 Anak Wanita pun bisa”

Kata Sahabat lagi : 

“Bagaimana bila hanya 1 Anak Wanita saja Baginda Rasul?”

Jawab Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam : 

“1 Anak Wanita pun juga bisa”
β€’ Tahukah engkau….

bahwa Surga itu terletak dibawah kaki 

          ~~~~~~~~~~

          Ibu (Wanita) 

          ~~~~~~~~~~

“Al-Jannatu Tahtaa aqdaamil Ummahaat : 

“Surga itu berada dibawah telapak kaki Ibu”
Adakah kemuliaan yang melebihi semua ini bagi 

~~~~~~~~~~~~~~~  

‘W A N I T A’ ?!?!?! 

~~~~~~~~~~~~~~~

Katakanlah wahai para wanita : “Alhamdulillahi ‘Alaa Ni’matil Islam” 

(Umar Bin Hafizh)
Jadi…..

Jika engkau mengatakan bahwa Islam adalah agama yang tidak memuliakan 

    ~~~~~~~~~~

    ‘W A N I T A’

    ~~~~~~~~~~

Maka engkau mengambil sebuah kesimpulan yang ‘Salah Besar’…
 “Kecantikan seorang wanita bukanlah dari pakaian yang dikenakannya, bentuk tubuh yang ia tampilkan, atau bagaimana ia menyisir rambutnya. 

Kecantikan seorang wanita harus dilihat dari mata hatinya, kerana itulah pintu hatinya, tempat dimana cinta itu ada.”    

     “CINTANYA TANPA SYARAT”.
Every Woman is Wonderfulβ€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œο»Ώβ€β€β€ο»Ώβ€β€Œ οΏ½οΏ½

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKarena isteri, rezekimu bertambah.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKarena isteri, maka lahirlah anak-anakmu.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKarena isteri, makan, pakaianmu dijaga.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKarena isteri, tenang hati mu.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKarena isteri, lembut pandangan mata mu.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKarena isteri adalah satunya manusia yang boleh melihat cacat cela mu yang tersembunyi dari pandangan mata mu dan masih menerima mu seadanya.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒJanganlah sakiti hati mereka, ingatlah setiap pengorbanan mereka, 

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€Œwalaupun kecil di mata mu, baginya besar bagi dirinya.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒSetiap peluh yang menitik, yang bekerja untuk keluarganya, 

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€Œsetiap airmata yang menetes untuk anak-anak dan suaminya adalah salah satu tanda, 

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€Œdia isteri yang terbaik buat anda wahai yang bergelar suami.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€Œrenungan sepintas lalu. Mengapa WANITA sering menangis?

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒJawab Allah :

Karena WANITA itu unik.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒAku ciptakan ia sebagai makhluk istimewa.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKU kuatkan bahunya untuk menjaga anak-anaknya,

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKU lembutkan hatinya untuk memberi rasa aman,

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKU kuatkan rahimnya untuk menyimpan benih manusia,

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKU teguhkan peribadinya untuk terus berjuang saat yang lain

menyerah,

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒKU beri dia naluri untuk tetap menyayangi, walau dikhianati oleh teman, 

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€Œwalau disakiti oleh orang yang disayangi.

WANITA makhluk kuat.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€ο»Ώβ€Œβ€ο»Ώβ€β€ŒπŸ β€Œβ€ŒTapi jika suatu saat dia menangis itu karena KU beri air mata untuk membasuh luka batin & memberi kekuatan baru.

β€β€Œβ€Œβ€Œβ€Œβ€β€β€ο»Ώβ€β€Œβ€β€ŒπŸβ€Œβ€ŒWANITA sangatlah istimewa……

Cerita Kita #2: Haid itu Apa Mi?

Beberapa hari yang lalu saya sedang membayar hutang puasa. Kakak Nailah tau, umminya sedang puasa. Dia sibuk tanya, hutang saya tinggal berapa. Pagi sebelum dia berangkat sekolah, dia tau saya tidak sarapan. “ummi puasa ya?”
Pulang sekolah, saya makan hahaha. Lalu, dia bertanya, “ummi katanya puasa? kok makan” (dulu sudah pernah saya beritahu bahwa puasa itu tidak makan dan tidak minum, dari adzan subuh sampe adzan maghrib.. pernah saya ceritakan, kadamg dia suka lupa nawarin makanan pas saya lagi puasa, akhirnya lama-lama dia paham..)
tik tak tik tuk tik tak tik tuk, udah laper disuruh njelasin pulak. apa ya errrr. yawdah bilang aja yang sesungguhnya..
“Oh iya ummi haid..”
“haid itu apa mi?”
hmmm, mikir dikit dan saya mulai mencoba menjelaskan dengan bahasa yang mungkin dia pahami…
“haid itu adalah tanda kalo wanita jadi dewasa.itu nanti bakalan keluar darah dari tempat pipis.darah itu darah kotor,harus keluar, kalo nggak dikeluarkan nanti bisa jadi penyakit.”
“sakit nggak??”, tanyanya lagi (ini anak saya tuh kalo sama luka,sakit dll agak lebayyy..luka cuman beset doang nangisnya luarrrr biasa)
“yaa sakit sedikit, tapi jangan dibayangkan kayak luka ya..”

“kalo ayah?”, okay pertanyaan masih berlanjut..
“ayah beda lagi… laki-laki dan perempuan Allah ciptakan nggak sama. kalo perempuan punya tempat buat simpen kakak waktu masih dalam perut, namanya rahim.laki-laki enggak. kalo perempuan bisa menyusui anaknya. laki-laki enggak.”

“ooo..”
(fiuuuuuuhhh akhirnya muncul juga o tanda mengerti,, okaay, sementara ini pertanyaan nya begtu..nanti-nanti pasti bakalan muncul pertanyaan lainnya..)

Baksos Ramadhan

Latepost juga sebenernya, makleum kalo baru beres acara masih suka jetlag gtu deh..
Sharing kegiatan positif kan nggak mengenal waktu yaak..Semoga bisa diadopsi untuk kegiatan positif di tempat Anda yaak..
Jadi judul acaranya adalah Belanja Sambil Beramal..
Idenya: menjual barang-barang di rumah kita yang sudah tidak terpakai, tapi masih bagus. Sama-sama menguntungkan: space di rumah berkurang (istilah kerennya declutter) dan bisa dijadikan ladang amal. Waktu itu kita juga menerima uang tunai, tapi dengan jual barang-barang yang masih in very well condition itu katanya yang punya ide lebih seru daripada langsung terima cash, well, belakangan saya menyadari, kan jadi tau warga sekitar juga yak dengan interaksi jual beli yang terjadi.. Jadi, nantinya hasil penjualan dan uang tunai yang diterima akan dibelikan sembako untuk disalurkan kepada para janda-janda yang sudah sepuh dan juga untuk bapak-bapak penggali kubur di TPU.
Rasanya kalo diingat-ingat, ini adalah baksos pertama yang saya ikuti sejak setelah menikah deh ya. Makleum habis nikah baru menghuni rumah Bandung 2 tahun, ayahnya Nailah mutasi ke Jekardah. Habis itu ngontrak, yaa kalo ngontrak kan gtu yaak, cuek beybeh. Nah, jadi barulah disini ini saya jadi terlibat proyek amal lagi secara langsung.. Kalo yang nggak langsung, kadang kan kurang berasa gimanaaaa gitu, hehehe
Nah, yang punya ide adalah senior di perumahan yang usianya sama kayak Mama saya tapi masih cihuy bin gaul bingits deh! Makleum warga metropolitan yaa.. Sosialita yang udah biasa bikin acara-acara amal (kalo saya mah apa lah, hanya butiran debu kosmik)
Pengumpulan barang-barang berlangsung satu minggu. Sempat ada miskomunikasi berantai tapi nggak menyurutkan semangat kami.. Orang kan di bulan ramadhan berlomba-lomba berbuat kebaikan! Jadi mesti semangat dong yak.

Acara jual-menjual berlangsung dari ba’da asar sampe menjelang solat tarawih. Animo warga yang membeli juga bagus banget loh.
Alhamdulillaah di akhir kegiatan, dengan ijin Allah, bisa dibuat 160 pake sembako masing-masing senilai 80ribu rupiah.. Barakallahu fikum, semoga Allah selalu membimbing kita agar selalu berada di jalanNya, aamiin

image

dipilih-dipilih-dipilih

image

Persiapan & Pembagian Sembako

image

Pembagian Sembako

Membuat orang tersenyum itu memang candu ya? Candu yang baik.. πŸ˜‰

Lagi-lagi

Pagi tadi saat akan pergi belanja sayur dkk, lagi-lagi saya melihat seorang tunanetra.. Bapak itu sedang memanggul kerupuk, sambil berjalan mengarahkan tongkatnya. Iya  mungkin Anda sekalian sering melihat para tunanetra berjualan kerupuk.
Aih saya jadi teringatkan lagi… Ah kayak habis kena tampar kanan-kiri…
Sesekali, kita butuh menutup mata dari silaunya godaan dunia
Sesekali, kita butuh menutup mata dari keinginan manusiawi yang tak pernah ada puasnya
Sesekali, kita sangat butuh menutup mata.. Iya, benarlah adanya,untuk urusan duniawi jangan pernah melihat ke atas, lihatlah ke bawah, lihatlah betapa banyak orang-orang yang nasibnya tidak seberuntung kita..

Terimakasih pengalaman hidup..
semoga saya selalu bisa mencari hikmahnya..

Im nothing

Ada yang bilang,jangan di rumah aja,pergilah keluar rumah dan lihatlah sekeliling,supaya nggak merasa menjadi orang paling malang sedunia atau orang paling beruntung sedunia.. Dan itu memang benar.. Kemaren siang, saat hendak pulang ke rumah sewaktu saya sedang mengantri menukar kartu KRL dengan uang jaminan, ada rombongan orang yang cukup bersuara gembira, sesekali saya dengar gelak tawa mereka. Saya menoleh ke samping kanan, masyaAllah ternyata sekelompok tunanetra sedang mengantri untuk membeli kartu perjalanan KRL sekali pakai. Mereka saling memegang pundak temannya, seperti kita bermain sepur-sepuran. Nggak ada keluhan. Sesekali mereka tertawa. Sambil menunggu aba-aba temannya, nampaknya ada yang tunanetranya tidak sepenuhnya tunanetra, jadi ada yang membantu. Sekilas saya dengar mereka hendak ke pasar minggu. Kalau dari Sudimara,seharusnya mereka akan transit ke Tanah Abang dan ganti KRL menuju Depok ya… Aih, saya merasa jadi sangat bersyukur, saya yang masih suka ngeluh ini itu, sementara dikasi organ lengkap, bisa berfungsi dengan baik. Berasa cupu banget lah… Beneran Nggak kebayang kalau saya ada di posisi mereka. Nggak bisa melihat. Naek kendaraan umum begitu. Saya aja yang bisa melihat masih suka gagap kalo naek KRL.. Seperti kita tahu sarana transportasi di Indonesia kan cenderung nggak bersahabat dengan para penyandang disabilitas. Jadi,melihat sekelompok tunanetra akan naek KRL itu adalah sebuah hal yang WoW banget buat saya…
Ohya,, Pernah dulu saya maen ke panti tunanetra, saya menengok seorang teman. Saya masuk ke kamarnya. Kebetulan siang itu sedang mendung, sehingga kamarnya agak gelap, reflek saya bilang: lampunya dimana ya? saya nggak keliatan. Teman saya lalu bilang: eh gelap ya, lalu klik dia meraba saklar lampu. Ups,salah omong nampaknya saya… Untungnya sih temen saya nggak gimana-gimana. Waktu itu saya jadi merasa bersalah, mereka setiap hari hidup dalam kegelapan. Tapi mereka hebat loh. Bahkan menyetrika dan memasak saja mereka jagoan.. Duh,jadi merasa tertohok lagi deh saya. Rasanya makjleb makjleb berkali-kali..

maka dari itu, mesti banyak bersyukur ya. banyaaaaak banget. terimakasih ya Allah, terimakasih, semoga bisa memaksimalkan semua potensi yang Allah beri.. Aamiin

image