Allah Selalu Melihat Kita

Hari ini dalam perjalanan pulang ke rumah kami, anak sulung saya bercerita.

Anak (A): “ummi, tau nggak, hari ini Ustadz suruh aku dan teman-teman untuk makan, dimana saja, ngumpet, nggak boleh keliatan siapa aja!”

Ummi (U): “Lha emangnya bisa…?”

A: “eits, tunggu dulu, aku aja belom selesai ceritanya…”

U: “oh iya, gimana, gimana?” (tolong ya ibu-ibu jangan kebiasaan memotong pembicaraan, ini pengingat terutama untuk saya sendiri)

A: “jadi Ustadz, memberi makanan ke aku dan teman-teman. Tapi kata Ustadz, makannya di tempat yang nggak ada orang, tidak boleh ada satupun yang melihat.

Terus, aku diskusi sama temen-temen, gimana caranya orang nggak melihat, kan Allah Maha Melihat?

Apa kita ngumpet aja ya, nggak usah dimakan…?

Ada temen aku yang bilang: tapi Ustadz suruh makan?

Temen-temen pada bingung mi, terus aku suruh tarik nafas hembuskan, biar nggak panik dan bingung..

Temen-temen kita jalankan rencana ini… Akhirnya aku ngumpet doang deh… Tapi nggak dimakan.

Pas udah kembali ke kelas, Ustadz tanya, sudah habis belom makanannya?

Temen-temen ada yang dimakan, ada yang enggak.

Terus Ustadz tanya satu-satu ke setiap anak.. Kenapa nggak dimakan?

Temen-temen akhwat jawab satu-satu karena Allah Maha Melihat…

Terus Ustadz kasih jempol deh sama senyum manis…

Temen-temen ikhwan banyak yang gagal. Semuanya pada makan, kecuali 1 orang saja.

Yeay, aku dapat checklist deh…(karena menyelesaikan misi dari Ustadz)”

U: (menyimak sambil tertawa.sambil mikir dalam hati: duh, udah setua ini kadang perasaan diawasi oleh Allah ada kalanya hilang, kadang hanya sebatas di lisan saja.

Jazakumullaah Ustadz dan anak-anak, hari ini lagi-lagi saya mengambil ilmu dari kalian semua)

“iya, mana bisa ya makan tanpa terlihat siapapun, Sedangkan ada Allah yang Selalu Mengawasi manusia, selalu Melihat segala perbuatan kita…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.