bertanggung jawab & 4 kata ajaib

“ummi dong bertanggung jawab..kan tadi ummi yang bla bla bla…”

iya bocil ini lagi suka bilang bertanggung jawab.gegara umminya nyekok i soal tanggung jawab.berhubung sudah punya kamar sendiri.jadi kalo maen,harus dibereskan dan dikembalikan ke tempatnya.kalo enggak? ooow ummi siap untuk membuang ke tempat sampah.sudah janjian.kalo ada yang tergeletak,langsung ummi sapu dan ikut ke tempat sampah..lumayan mempan..walo kadang pada prakteknya, masih suka dibantuin juga untuk merapikan ke tempatnya.saya percaya, pada dasarnya anak-anak itu mudah untuk dikondisikan asal orang tuanya konsisten..(naaaah ini yang susah kan, k.o.n.s.i.s.t.e.n).nggak usah jauh-jauh, karena liat saya tiap pagi gebas-gebas kasur..dia pun begitu dengan cara dan kemampuan sesuai umurnya, bangun tidur mencoba untuk merapikan sendiri sprei kasurnya..amazing deh sayah!

ohya dan 4 kata ajaib yang lagi diulang-ulang adalah:

1. permisi

2. maaf

3. tolong

4. terima kasih

hahaha,soalnya kadang suka gengsian bilang terimakasih sama orang tuanya sendiri. bilang tolong juga kadang lupa. hehehe,makleum yah. namanya juga masih anak-anak. yang penting dibiasakan ajah yaaak…

mudah-mudahan dengan dibiasakan sejak kecil bisa menjadi kebiasaan yang baik sampai nanti besar..aamiin

dear kakak nailah

dear kakak nailah yang hatinya lembut, yang halus perasaannya lagi gampang baper bin sensitif..

biar pun simbok e nampak cuek bebek beginih..simbok e selalu sedih kalo kamu kenapa-napa..

dulu waktu kakak nailah umur 3 hari terus ditindik anting di telinganya, denger suara nangis kejermu udah pengen nangis ajah..beneran,setelah dikembaliin sama ibuk bidan,ngeliat bekas tindikan yang masih ngeluarin darah,ummi mbrebes mili sambil nyusuuin kamu nak..keliatannya aja ummi nggak kenapa-napa..

terus waktu kamu jatuh dari kasur waktu umur 5 bulan an dengan bunyi ‘gedebuk’ yang bikin ummi kaget..ummi berasa jadi orang tua yang nggak becus..nangis sejadi-jadinya..ayahmu yang lagi ujian aja ummi suruh pulang nak..

pokoknya kalo kamu kenapa-napa, entah lagi sakit, entah kejedot tiang, kejedot temen, luka, jatoh, ummi sedih..kasian..

padahal kamu udah bisa bilang: “aku aja enggakpapa ummi, ummi kenapa kasian?”

hiks..hiks..dulu kayaknya nunggu kamu besar rasanya lama..sekarang pengennya jangan cepet besar.. T_T

celoteh krucil #16

suatu waktu kami bertiga melewati makam..kami pernah bilang, kalo melewati kubur, ucapkan “assalaamu’alaikum yaa ahlil kuburr”

lalu anak ini menyeletuk: “nanti ayah kalo meninggal dikubur dimana?”

rrrrr pertanyaan sederhana yang jawabannya nggak sederhana dan bikin baperrrr

celoteh krucil #15

Ummi..Aku tuh suka kalo ayah wangi..Aku jadi jatuh cinta sama ayah..Apa aku nanti nikahnya sama ayah aja?

eaaaaa

di lain waktu

Ayah.Aku jatuh cinta sama ayah.Aku nanti nikahnya sama ayah aja ya..?

Lha terus umminya gimana?

Ummi suruh nikah lagi aja…

kami, ayah-umminya cuman bisa cengengesan aja.antara lucu dan njelasinnya males.
benarlah adanya..daddy will always be her daughter’s first love..

dan..kehilangan ayah adalah patah hati terberat untuk seorang anak perempuan..

celoteh krucil #14

Teman yang paling disayang di kelompok B?

*Disya,Alma,Clarette,Mbak Diva,Disha,Kaffie

Teman yang paling disayang di kelompok A?

*Haidar,Azri,Voisya

Teman yang paling disayang di Kelompok Bermain?

*Zizi, soalnya lucuuuu 

Miss yang paling disayang?

*Ms Nana,Ms Dina,Ms Tika

Nailah Goes 5…..

catatan 5 tahun menjadi Ummi…

Ya Allah,,terimakasih sudah memberi kesempatan kepadaku menjadi seorang ibu..Terimakasih untuk menitipiku seorang putri yang lucu..Sesungguhnya ini adalah amanahMu dan titipanMu..Mudahkan kami untuk menjaganya..

=====

Nailah’s Milestones:

*Bisa naek sepeda roda dua (wkekekek mengalahkan emak dan bapaknya yang baru bisa gowes sepeda pas kelas 2 SD)

*Kemandirian: Alhamdulillaah sudah banyak kemajuan banget dari umur 3-4 tahun.Pernah ya saya tulis soal drama ditemani pergi ke sekolah,duh kalo inget masa-masa itu rasanya beneran amazing sekarang sudah mau masuk sekolah sendiri..Tanpa drama air mata..Sekarang juga sudah jauuuuuuuh lebih berani.Udah mau pegang mic tuh ya disuruh nyanyi..Mau dah tampil di pentas seni walopun tetepppp wajahnya mah super flat (alias tak ada ekspresi :D). But thats okay..Kemajuan soal sosialisasi-interaksi sesama manusia baik yang seumur maupun berbeda umur sudah sangat baik..

Kalo soal makan sendiri lumayan rapih,udah bisa membersihkan  dengan tisu/ menyapu remah-remah makanan.Mau ngambil minum sendiri.Udah bisa ngelap kalo ada yang tumpah.Mau cebok pipis sendiri.Bisa bantuin cuci sendok/piring melamin.Bisa pake baju sendiri.Bisa pake sepatu sendiri.Intinya udah lumayan bisa lah diberdayakan oleh emaknya.Yaaa walopun kalo lagi nggak mood ya nggak mau juga..Kadang dia bertanya: uh kenapa sih aku harus kerjain semuanya sendiri?? Saya bilang: Itu bukannya karena ummi nggak sayang ya sama kakak nailah..justru karena ummi sayang makanya ummi ajarin kakak supaya tambah mandiri, tambah pinter, nanti kalo udah besar kakak harus bisa semuanya sendiri..

PR emaknya adalah gimana caranya ini bocah mau cebok untuk BAB..soalnya pernah bilang: sampe nenek-nenek aku nggak mau kalo cebok ee sendiri..jijiiiiik ummiiiiii. (duh antara mo ketawa setengah bingung, bisa begitu ya…)

Ohya dan PR lain lagi adalah gimana caranya ini bocah mau tidur sendiri..Hehehehe tadinya saya targetin di usia 5 tahun udah mau tidur sendiri,Tapinya oh tapinya kamarnya belom siap..Yawess kita tunda dulu yakkks..

*Ngajinya alhamdulillaah udah sampe Iqro 3. walopun kalo di sekolah baru iqro 2 soalnya masih belom lancar banget.

Ah mayan banget lah buat ukuran ngajarin sendiri.Ternyata bisa ya kita ngajarin sendiri.PRnya cuman SABAR dan TLATEN ternyata! (tapi berat jendraaallll)

*Hapalan surat pendek alhamdulillaah juga lumayan banyak.Doa sehari-hari juga lumayan.Bacaan sholat yaa masih sebatas mendengar ada beberapa yang sudah bisa..

Sekarang lagi ngapalin Al Humazah (trio qulhu agak gak lancar di al falaq,al lahab,an nashr,al kafirun lumayan,al kautsar,al maun,quraisy,al fil,at takatsur,al asr harus sering diulang-ulang supaya makin lancar…)

*Soal calistung..Nah, lain halnya dengan ngaji yang agak saya paksa..Kalo soal calistung sebatas stimulasi aja..Sediakan buku yang banyak, rajin bacain lama-lama juga penasaran sendiri sama huruf-hurufnya..Di sekolah juga walopun lebih banyak dibawa dengan metode fun learning, alhamdulillaah tau-tau udah bisa aja itu bocah membaca untuk kalimat sederhana. Terimakasih banyak untuk para ibu guru..Memang belom lancar-lancar amat sih..Tapi untuk ukuran nggak pernah sengaja diajarin, saya cukup puas deh..Tambah-tambahan dan kurang-kurangan sampai skala 20 bisa lah dia..

*Hobi baru: beranteman sama ayah. Nih ya kalo dia diingetin sama ayahnya pake nada tinggi sedikit, malah balik marah sama ayahnya.Masuk kamar,nangis di bawah bantal..Eaaaaa.. “ayah nggak boleh marah sama aku” (aduh padahal yaaa nada ayahnya naek dikit itu sama dengan nada biasa ngomong sayah qqqqqq). Pas saya tanya: “kenapa sih kakak nailah, kok ayah nggak boleh marah..?” -soalnya waktu kecil ayah nggak keloni aku kalo tidur…” hyaaaa. Saya bilang lagi: “yakan waktu bayik kakak nailah mimik cucu sama ummi jadi ummi yang keloni kalo tidur..” nanti lagi alesannya beda lagi: “soalnya ayah gak pernah anterin aku sekolah..” intinya dia mah pengennya tuh ayahnya lamaaa di rumah nemenin dia maen segala rupa..

=====

Anakku by Vina Panduwinata

Saat engkau tertidur

Kupandangi wajahmu

Masih inginku mendekapmu

Masih inginku menciummu


Tak pernah kusadari

Waktu cepat berlalu

Kini engkau menjadi besar

Kini engkau lah harapanku


Tumbuh…

Tumbuhlah anakku

Raih… lah cita-citamu…

Jangan pernah engkau ragu sayang

Doaku slalu bersamamu

Membuat aman di hidupmu

https://m.youtube.com/watch?v=0E5fMI_PGOk

celoteh krucil #13: Sebesar Apa Allah itu Mi?

“Ummi,,Allah itu sebesar raksasa…?”

Lebih besar lagi Nak..

Kakak Nailah bisa melihat langit di atas sana?Allah lebih besar lagi dari itu, karena saking besarnya sampai-sampai kita nggak bisa melihat Allah karena kita sebegitu kecil..Allah lebih besar dari alam semesta, langit dan seisinya..Allah lebih besarrr daripada apa-apa yang Ia ciptakan..

“Seperti butiran pasir ya..?”

(iya si bocil ini memang lagi seneng nonton soal tata surya, galaksi, planet dst) Iya,ini kita. Ada di bumi.Disini.Selain bumi ada planet lainnya.Itu aja kita udah kecil bangetttt kalo terbang di luar angkasa nggak keliatan dari bumi..Apalagi di antara planet-planet..

“Roket itu bukannya gede?”

Iya kalo disini..Kalo pergi ke luar angkasa bisa jadi cuman sekelingking jari kakak keliatannya.Atau malah gak keliatan sama kali dari bumi..

Maha Besar Allah, itulah kenapa kita sering bilang Allahu Akbar..Allah Maha Besar..