celoteh krucil #15

Ummi..Aku tuh suka kalo ayah wangi..Aku jadi jatuh cinta sama ayah..Apa aku nanti nikahnya sama ayah aja?

eaaaaa

di lain waktu

Ayah.Aku jatuh cinta sama ayah.Aku nanti nikahnya sama ayah aja ya..?

Lha terus umminya gimana?

Ummi suruh nikah lagi aja…

kami, ayah-umminya cuman bisa cengengesan aja.antara lucu dan njelasinnya males.
benarlah adanya..daddy will always be her daughter’s first love..

dan..kehilangan ayah adalah patah hati terberat untuk seorang anak perempuan..

celoteh krucil #14

Teman yang paling disayang di kelompok B?

*Disya,Alma,Clarette,Mbak Diva,Disha,Kaffie

Teman yang paling disayang di kelompok A?

*Haidar,Azri,Voisya

Teman yang paling disayang di Kelompok Bermain?

*Zizi, soalnya lucuuuu 

Miss yang paling disayang?

*Ms Nana,Ms Dina,Ms Tika

Nailah Goes 5…..

catatan 5 tahun menjadi Ummi…

Ya Allah,,terimakasih sudah memberi kesempatan kepadaku menjadi seorang ibu..Terimakasih untuk menitipiku seorang putri yang lucu..Sesungguhnya ini adalah amanahMu dan titipanMu..Mudahkan kami untuk menjaganya..

=====

Nailah’s Milestones:

*Bisa naek sepeda roda dua (wkekekek mengalahkan emak dan bapaknya yang baru bisa gowes sepeda pas kelas 2 SD)

*Kemandirian: Alhamdulillaah sudah banyak kemajuan banget dari umur 3-4 tahun.Pernah ya saya tulis soal drama ditemani pergi ke sekolah,duh kalo inget masa-masa itu rasanya beneran amazing sekarang sudah mau masuk sekolah sendiri..Tanpa drama air mata..Sekarang juga sudah jauuuuuuuh lebih berani.Udah mau pegang mic tuh ya disuruh nyanyi..Mau dah tampil di pentas seni walopun tetepppp wajahnya mah super flat (alias tak ada ekspresi :D). But thats okay..Kemajuan soal sosialisasi-interaksi sesama manusia baik yang seumur maupun berbeda umur sudah sangat baik..

Kalo soal makan sendiri lumayan rapih,udah bisa membersihkan  dengan tisu/ menyapu remah-remah makanan.Mau ngambil minum sendiri.Udah bisa ngelap kalo ada yang tumpah.Mau cebok pipis sendiri.Bisa bantuin cuci sendok/piring melamin.Bisa pake baju sendiri.Bisa pake sepatu sendiri.Intinya udah lumayan bisa lah diberdayakan oleh emaknya.Yaaa walopun kalo lagi nggak mood ya nggak mau juga..Kadang dia bertanya: uh kenapa sih aku harus kerjain semuanya sendiri?? Saya bilang: Itu bukannya karena ummi nggak sayang ya sama kakak nailah..justru karena ummi sayang makanya ummi ajarin kakak supaya tambah mandiri, tambah pinter, nanti kalo udah besar kakak harus bisa semuanya sendiri..

PR emaknya adalah gimana caranya ini bocah mau cebok untuk BAB..soalnya pernah bilang: sampe nenek-nenek aku nggak mau kalo cebok ee sendiri..jijiiiiik ummiiiiii. (duh antara mo ketawa setengah bingung, bisa begitu ya…)

Ohya dan PR lain lagi adalah gimana caranya ini bocah mau tidur sendiri..Hehehehe tadinya saya targetin di usia 5 tahun udah mau tidur sendiri,Tapinya oh tapinya kamarnya belom siap..Yawess kita tunda dulu yakkks..

*Ngajinya alhamdulillaah udah sampe Iqro 3. walopun kalo di sekolah baru iqro 2 soalnya masih belom lancar banget.

Ah mayan banget lah buat ukuran ngajarin sendiri.Ternyata bisa ya kita ngajarin sendiri.PRnya cuman SABAR dan TLATEN ternyata! (tapi berat jendraaallll)

*Hapalan surat pendek alhamdulillaah juga lumayan banyak.Doa sehari-hari juga lumayan.Bacaan sholat yaa masih sebatas mendengar ada beberapa yang sudah bisa..

Sekarang lagi ngapalin Al Humazah (trio qulhu agak gak lancar di al falaq,al lahab,an nashr,al kafirun lumayan,al kautsar,al maun,quraisy,al fil,at takatsur,al asr harus sering diulang-ulang supaya makin lancar…)

*Soal calistung..Nah, lain halnya dengan ngaji yang agak saya paksa..Kalo soal calistung sebatas stimulasi aja..Sediakan buku yang banyak, rajin bacain lama-lama juga penasaran sendiri sama huruf-hurufnya..Di sekolah juga walopun lebih banyak dibawa dengan metode fun learning, alhamdulillaah tau-tau udah bisa aja itu bocah membaca untuk kalimat sederhana. Terimakasih banyak untuk para ibu guru..Memang belom lancar-lancar amat sih..Tapi untuk ukuran nggak pernah sengaja diajarin, saya cukup puas deh..Tambah-tambahan dan kurang-kurangan sampai skala 20 bisa lah dia..

*Hobi baru: beranteman sama ayah. Nih ya kalo dia diingetin sama ayahnya pake nada tinggi sedikit, malah balik marah sama ayahnya.Masuk kamar,nangis di bawah bantal..Eaaaaa.. “ayah nggak boleh marah sama aku” (aduh padahal yaaa nada ayahnya naek dikit itu sama dengan nada biasa ngomong sayah qqqqqq). Pas saya tanya: “kenapa sih kakak nailah, kok ayah nggak boleh marah..?” -soalnya waktu kecil ayah nggak keloni aku kalo tidur…” hyaaaa. Saya bilang lagi: “yakan waktu bayik kakak nailah mimik cucu sama ummi jadi ummi yang keloni kalo tidur..” nanti lagi alesannya beda lagi: “soalnya ayah gak pernah anterin aku sekolah..” intinya dia mah pengennya tuh ayahnya lamaaa di rumah nemenin dia maen segala rupa..

=====

Anakku by Vina Panduwinata

Saat engkau tertidur

Kupandangi wajahmu

Masih inginku mendekapmu

Masih inginku menciummu


Tak pernah kusadari

Waktu cepat berlalu

Kini engkau menjadi besar

Kini engkau lah harapanku


Tumbuh…

Tumbuhlah anakku

Raih… lah cita-citamu…

Jangan pernah engkau ragu sayang

Doaku slalu bersamamu

Membuat aman di hidupmu

https://m.youtube.com/watch?v=0E5fMI_PGOk

celoteh krucil #13: Sebesar Apa Allah itu Mi?

“Ummi,,Allah itu sebesar raksasa…?”

Lebih besar lagi Nak..

Kakak Nailah bisa melihat langit di atas sana?Allah lebih besar lagi dari itu, karena saking besarnya sampai-sampai kita nggak bisa melihat Allah karena kita sebegitu kecil..Allah lebih besar dari alam semesta, langit dan seisinya..Allah lebih besarrr daripada apa-apa yang Ia ciptakan..

“Seperti butiran pasir ya..?”

(iya si bocil ini memang lagi seneng nonton soal tata surya, galaksi, planet dst) Iya,ini kita. Ada di bumi.Disini.Selain bumi ada planet lainnya.Itu aja kita udah kecil bangetttt kalo terbang di luar angkasa nggak keliatan dari bumi..Apalagi di antara planet-planet..

“Roket itu bukannya gede?”

Iya kalo disini..Kalo pergi ke luar angkasa bisa jadi cuman sekelingking jari kakak keliatannya.Atau malah gak keliatan sama kali dari bumi..

Maha Besar Allah, itulah kenapa kita sering bilang Allahu Akbar..Allah Maha Besar..

celoteh krucil #11: cita-cita

waktu umur 3th ++ kalo ditanya cita-citanya mau jadi apa, kakak nailah bilangnya mau jadi ilmuwan..
(gegara waktu kecil sering dikasi nonton vcd kakek pengetahuan)
sekarang sudah 4th ++ kalo ditanya cita-citanya mau jadi apa,
bilangnya:
aku mau jadi dokter dan dokter gigi
(kalo ini kayaknya karena dia amaze dengan profesi dokter)

ini sebuah kemajuan.dulu saya bahkan nggak kebayang punya cita-cita pengen jadi apa. asal ceplos aja pengen jadi arsitek, dan bertambah besar makin sadar: nol putul soal gambar-menggambar dan agak lemah di kecerdasan logis dan kecerdasan spasial. entahlah sebenernya saya ini jago apa. hahaha. kerasanya cuman dijejeli semua ilmu dan tau sedikit-sedikit di permukaan. dan nggak paham detailnya. tapi ternyata arah pendidikan kita memang demikian. sekalipun S1, bidang ilmu yang dikuasai masih sangat umum. baru kalo sudah S2 dan S3, makin menguasai suatu bidang ilmu secara khusus. jadi sadar, makin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh, sejatinya semakin sedikit ilmu yang dikuasai, karena semakin khusus. tapi yamg membuat kaya menurut saya adalah pengalaman menuju ke sana.

kembali ke soal cita-cita kakak nailah, yang saya amati, cita-citanya konsisten menjadi orang di balik layar..kalo diamati dengan karakternya saat ini udah cocok sih..she was born not to be an actress i guess😉

hehehe,apapun itu cita-cita: di mata Allah tugas kita cuman jadi manusia yang bertaqwa kepada Allah dengan sebaik-baik amal.

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” [QS Al Mulk (67) : 2]

Cerita Kita #2: Haid itu Apa Mi?

Beberapa hari yang lalu saya sedang membayar hutang puasa. Kakak Nailah tau, umminya sedang puasa. Dia sibuk tanya, hutang saya tinggal berapa. Pagi sebelum dia berangkat sekolah, dia tau saya tidak sarapan. “ummi puasa ya?”
Pulang sekolah, saya makan hahaha. Lalu, dia bertanya, “ummi katanya puasa? kok makan” (dulu sudah pernah saya beritahu bahwa puasa itu tidak makan dan tidak minum, dari adzan subuh sampe adzan maghrib.. pernah saya ceritakan, kadamg dia suka lupa nawarin makanan pas saya lagi puasa, akhirnya lama-lama dia paham..)
tik tak tik tuk tik tak tik tuk, udah laper disuruh njelasin pulak. apa ya errrr. yawdah bilang aja yang sesungguhnya..
“Oh iya ummi haid..”
“haid itu apa mi?”
hmmm, mikir dikit dan saya mulai mencoba menjelaskan dengan bahasa yang mungkin dia pahami…
“haid itu adalah tanda kalo wanita jadi dewasa.itu nanti bakalan keluar darah dari tempat pipis.darah itu darah kotor,harus keluar, kalo nggak dikeluarkan nanti bisa jadi penyakit.”
“sakit nggak??”, tanyanya lagi (ini anak saya tuh kalo sama luka,sakit dll agak lebayyy..luka cuman beset doang nangisnya luarrrr biasa)
“yaa sakit sedikit, tapi jangan dibayangkan kayak luka ya..”

“kalo ayah?”, okay pertanyaan masih berlanjut..
“ayah beda lagi… laki-laki dan perempuan Allah ciptakan nggak sama. kalo perempuan punya tempat buat simpen kakak waktu masih dalam perut, namanya rahim.laki-laki enggak. kalo perempuan bisa menyusui anaknya. laki-laki enggak.”

“ooo..”
(fiuuuuuuhhh akhirnya muncul juga o tanda mengerti,, okaay, sementara ini pertanyaan nya begtu..nanti-nanti pasti bakalan muncul pertanyaan lainnya..)