celoteh krucil #11: cita-cita

waktu umur 3th ++ kalo ditanya cita-citanya mau jadi apa, kakak nailah bilangnya mau jadi ilmuwan..
(gegara waktu kecil sering dikasi nonton vcd kakek pengetahuan)
sekarang sudah 4th ++ kalo ditanya cita-citanya mau jadi apa,
bilangnya:
aku mau jadi dokter dan dokter gigi
(kalo ini kayaknya karena dia amaze dengan profesi dokter)

ini sebuah kemajuan.dulu saya bahkan nggak kebayang punya cita-cita pengen jadi apa. asal ceplos aja pengen jadi arsitek, dan bertambah besar makin sadar: nol putul soal gambar-menggambar dan agak lemah di kecerdasan logis dan kecerdasan spasial. entahlah sebenernya saya ini jago apa. hahaha. kerasanya cuman dijejeli semua ilmu dan tau sedikit-sedikit di permukaan. dan nggak paham detailnya. tapi ternyata arah pendidikan kita memang demikian. sekalipun S1, bidang ilmu yang dikuasai masih sangat umum. baru kalo sudah S2 dan S3, makin menguasai suatu bidang ilmu secara khusus. jadi sadar, makin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh, sejatinya semakin sedikit ilmu yang dikuasai, karena semakin khusus. tapi yamg membuat kaya menurut saya adalah pengalaman menuju ke sana.

kembali ke soal cita-cita kakak nailah, yang saya amati, cita-citanya konsisten menjadi orang di balik layar..kalo diamati dengan karakternya saat ini udah cocok sih..she was born not to be an actress i guessπŸ˜‰

hehehe,apapun itu cita-cita: di mata Allah tugas kita cuman jadi manusia yang bertaqwa kepada Allah dengan sebaik-baik amal.

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” [QS Al Mulk (67) : 2]

Cerita Kita #2: Haid itu Apa Mi?

Beberapa hari yang lalu saya sedang membayar hutang puasa. Kakak Nailah tau, umminya sedang puasa. Dia sibuk tanya, hutang saya tinggal berapa. Pagi sebelum dia berangkat sekolah, dia tau saya tidak sarapan. “ummi puasa ya?”
Pulang sekolah, saya makan hahaha. Lalu, dia bertanya, “ummi katanya puasa? kok makan” (dulu sudah pernah saya beritahu bahwa puasa itu tidak makan dan tidak minum, dari adzan subuh sampe adzan maghrib.. pernah saya ceritakan, kadamg dia suka lupa nawarin makanan pas saya lagi puasa, akhirnya lama-lama dia paham..)
tik tak tik tuk tik tak tik tuk, udah laper disuruh njelasin pulak. apa ya errrr. yawdah bilang aja yang sesungguhnya..
“Oh iya ummi haid..”
“haid itu apa mi?”
hmmm, mikir dikit dan saya mulai mencoba menjelaskan dengan bahasa yang mungkin dia pahami…
“haid itu adalah tanda kalo wanita jadi dewasa.itu nanti bakalan keluar darah dari tempat pipis.darah itu darah kotor,harus keluar, kalo nggak dikeluarkan nanti bisa jadi penyakit.”
“sakit nggak??”, tanyanya lagi (ini anak saya tuh kalo sama luka,sakit dll agak lebayyy..luka cuman beset doang nangisnya luarrrr biasa)
“yaa sakit sedikit, tapi jangan dibayangkan kayak luka ya..”

“kalo ayah?”, okay pertanyaan masih berlanjut..
“ayah beda lagi… laki-laki dan perempuan Allah ciptakan nggak sama. kalo perempuan punya tempat buat simpen kakak waktu masih dalam perut, namanya rahim.laki-laki enggak. kalo perempuan bisa menyusui anaknya. laki-laki enggak.”

“ooo..”
(fiuuuuuuhhh akhirnya muncul juga o tanda mengerti,, okaay, sementara ini pertanyaan nya begtu..nanti-nanti pasti bakalan muncul pertanyaan lainnya..)

Cerita Kita: ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ

Kata seorang spesialis jiwa dalam seminar parenting di sekolah Kakak Nailah, anak-anak boleh-boleh saja diajarkan segala macam hal selama: TIDAK DIPAKSA..
(Wkekekekek, tapi saya kadang juga maksa, misal maksa untuk baca iqro agak galak. Kalo bacatulishitung memang sa’sukanya dia lah..)
Akhir-akhir ini kami di rumah suka bermain beberapa permainan jadoel milik emaknya..Nggak sengaja sambil menstimulasi kosakata sebenernya..Katanya lagi, mainan terbaik bagi anak-anak adalah orang tuanya. (Saya tapi nggak seideal itu, masih suka ninggalin dia bersama kartun kalo saya lagi lelah hayati. Masih suka ninggalin dia bersama yutub kalo saya ngantuk berat.. )
Ada beberapa permainan yang sering kami mainkan, kebanyakan permainan jaman saya kecil dulu..
1. ABC ada berapa
Kalo pernah bermain ini, berarti ibu-ibu segenerasi dengan saya..
ABC ada beraaa paaa..
sambil menunjukkan jari-jari sejumlah yang kita inginkan..lalu dihitung berdasar abjad..
permainan ini bisa sekalian untuk melatih urutan abjad..bisa memakai nama buah, sayur, makanan, benda, kota, negara, kata kerja,dll..
misal huruf A.. buah: apel anggur dll
benda: angklung, anting, dll
kalo expert di bahasa arab, bisa tuh diubah menjadi A-BA-TA.. hahaha,tapi saya ilmunya belom sampe sana

2. Kotak Pos
Ko tak pos belum diisi, mari kita isi dengan namanya ‘buah’ (bisa diganti benda, makanan, kota, negara, dan sebagainya), kakak nailah minta huruf aaaa paaa…
naah nanti si anak kita suruh menyebutkan sebuah huruf..
cara mainnya dengan cara menumpukkan tangan kanan kita dengan tangan kiri anak dan sebaliknya. lalu ditepuk ke kanan dan kiri (hahaha kebayang nggak..πŸ˜€ )

Sederhana kan..
Nah untuk memicu kosakatanya, bisa dengan membacakan buku cerita setiap hari. Target saya sih nggak muluk-muluk, sebelum tidur siang biasanya saya bacakan buku dulu.. Hehehe, sekarang-sekarang udah mulai nyantol kalo ada kosakata yang asing..misal: waspada itu apa Mi? eksplorasi itu apa Mi? polusi itu apa Mi?

Ah,i always try my best di antara segala banyak kekurangan diri ini.. Semoga kita bisa bertumbuh dan berkembang bersama dengan bahagia dan selamat dunia akhirat ya nak..

image

celoteh krucil #10: Like and Dislike

Nama : Nailah
Umur: 4 th 5 bulan

Paling suka kalo Ummi?
*masak, main sama-sama
Paling tidak suka kalo Ummi?
*marah-marah
Paling suka kalo Ayah?
*ajak maen puzzle
Paling tidak suka kalo Ayah?
*pulang kerjanya lama
Paling suka buah?
*Kelengkeng
Paling suka sayur?
*Bayam
Paling suka jalan-jalan kemana?
*Ancol
Paling suka makan apa?
*Ikan goreng
Paling suka minum apa?
*Air
Warna yang paling disuka?
*Hijau
Mainan yang paling disuka?
*Playdough

This 6 years and go on…

Alhamdulillah wa syukurillah, dengan ijin Allah, tahun ini sudah 6 tahun kami bersama, akan memasuki tahun ke-7 pernikahan..
Masih banyak hal yang mungkin sama-sama tidak kami kenal dan ketahui dengan baik..
Did I know him well? mungkin jawaban yang paling tepat menggambarkan adalah: almost

Seperti pernah saya bilang, saya nggak sempurna, dia nggak sempurna. Saya banyak kekurangan, dia ada kekurangan (yang jelas sama-sama kelebihan berat badan #ups)

Gimana caranya, pada akhirnya kita bisa saling legowo dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena kalo nuruti kurang, namanya manusia itu nggak ada beresnya kalo nuruti kurang. Akan selalu kurang dan kurang terus.
Yang sering saya lakukan kalo lagibete dengannya adalah selalu berusaha melihat kelebihannya. Karena yang namanya wanita, kadang gegara satu kekurangan, 100 atau 1000 kelebihan dan kebaikan yang sudah dilakukan semuanya tiba-tiba sirna.. Bahaya kannn..

Theese three pictures mungkin sangat mewakili apa yang saya pikirkan tentang pernikahan. Pernikahan adalah soal komitmen dan perhatian. Semoga sakinah,mawaddah,warohmah selalu. ’till Jannah

image

image

image

ada teman yang bilang
butuh waktu sehari saja untuk menikah,
tapi untuk mempertahankannya butuh waktu selamanya….

spesial note
thanks anyway ayah untuk semuanya..
semoga ke depannya we get better every day..
daannnnn maafkan tantrum all the time menjelang pms..hahaha

Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Farmasi

image

Pertama-tama saya mengucapkan beribu maaf untuk pertanyaan seputar kuliah di jurusan farmasi pada kolom komentar di blog ini yang tidak sempat saya balas, inbox ke email yang mungkin juga tak sempat terbalas, pun inbox ke fesbuk yang masuk filtered message. Sesungguhnya saya ingin membalas satu per satu. Namun apa daya, kadang keterbatasan saya sendiri yang sok sibuk jadi nggak sempat membalas. Sedikit cerita, saya lulus dari Sekolah Farmasi ITB tahun 2009. Jadi memang sudah (agak) lama sekali ya. Dan sekarang juga tidak menekuni dunia farmasi. Doakan aja ya ada jalannya kembali ke dunia farmasi..πŸ™‚

Alhamdulillah, teman seangkatan saya, Rini Inggriani, S.Si, Apt sudah melahirkan buku ini. Semoga bisa menjawab pertanyaan adik-adik semua ya.. Bisa didapat di Gramedia terdekat. atau bisa menghubungi Ibu Rini di email beliau ya: rini.inggi@gmail.com

Buku ini akan menjawab pertanyaan adik-adik sekalian soal seluk-beluk perkuliahan di farmasi.
-Mulai dari pra, saat menjalani, dan pasca kuliah,
-Apa yang harus disiapkan saat ingin masuk jurusan farmasi (termasuk, harus jago matematika atau kah fisika atau kah kimia atau biologi, trus kalo saya hanya jago salah satunya gimana?),
-Apa saja yang akan dipelajari saat perkuliahan,
-Peluang berkarir lulusan farmasi,
-Di dalam buku ini juga ada daftar sekolah dan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi farmasi beserta akreditasinya
-Ada juga daftar industri-industri farmasi di Indonesia,
-Ada juga penjelasan mengenai program profesi apoteker,
-Tips-tips untuk bisa survive kuliah di farmasi (misal yang sudah kejeblos di farmasi dan merasa salah jurusan)
-Testimoni lulusan farmasi

Semoga hadirnya buku ini bisa menjawab semua rasa ingin tahu soal jurusan farmasi ya. Jadi,,yang masih penasaran soal farmasi buruannnnn beli buku ini yaaaaaa!!πŸ™‚

Segera cari di Toko G terdekat di kota adek-adek yaaa!!!