feeling guilty

pernah marah-marah sama anak, terus udahannya ngerasa bersalah? saya pernah. waktu kakak nailah masih belom ngerti apa itu marah, sampe sekarang kakak nailah ngerti apa itu marah, kenapa ummi marah. baru aja kejadian. saya marah lumayan hebat dari biasanya, saya akui kondisi tubuh memang lagi capek dan kakak nailah melakukan sesuatu yang seharusnya nggak dilakukan. usai marah saya reda, saya ajak ngobrol dia. saya tanya, kenapa tadi kakak begitu? kakak kan seharusnya sudah bisa, kenapa jadi tidak bisa..? lalu dia menjelaskannya. saya peluk dia, saya minta maaf. “ummi minta maaf ya tadi ummi marah-marah sama kakak nailah. kakak sedih ya ummi marahin? jangan diulangi ya..ummi sayang sama kakak,nggak pengen marah-marah sama kakak.tadi ummi nggak bisa tahan marah, ummi lagi capek, jadi ummi marah-marah.maaf ya…” 

dan berakhir dia meneteskan air matanya.saya tanya kenapa. “soalnya ummi sayang aku..” saya tambah sedih.duh berasa menjadi ibu yang super geje.yang kerjaannya cuman bisa marah-marah aja.walopun marahnya kalo memang ada sesuatu yang salah dikerjakan.tetep aja.marah sama seseorang yang kita sayangi itu rasanya nggak enak..

masih panjang perjalanan kita bersama insyaAllah.masih akan banyak negosiasi yang akan kita lalui.mudah-mudahan diberi kelapangan dada untuk bisa saling menerima dan memaafkan..

satu yang bisa ummi janjikan,ummi gak akan berhenti memelukmu kala kita harus bermaafan..ah itu benar-benar memberikan kekuatan baru untuk melangkah,melupakan kesalahan dan berdamai dengan keadaaan..mudah-mudahan nggak ada bekas yang tertancap terlalu dalam di kala kita menyelesaikan konflik ya..trully,really,deep in my heart i always love you dear…

Leave a Reply

