Cerita Kita: ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ

Kata seorang spesialis jiwa dalam seminar parenting di sekolah Kakak Nailah, anak-anak boleh-boleh saja diajarkan segala macam hal selama: TIDAK DIPAKSA..
(Wkekekekek, tapi saya kadang juga maksa, misal maksa untuk baca iqro agak galak. Kalo bacatulishitung memang sa’sukanya dia lah..)
Akhir-akhir ini kami di rumah suka bermain beberapa permainan jadoel milik emaknya..Nggak sengaja sambil menstimulasi kosakata sebenernya..Katanya lagi, mainan terbaik bagi anak-anak adalah orang tuanya. (Saya tapi nggak seideal itu, masih suka ninggalin dia bersama kartun kalo saya lagi lelah hayati. Masih suka ninggalin dia bersama yutub kalo saya ngantuk berat.. )
Ada beberapa permainan yang sering kami mainkan, kebanyakan permainan jaman saya kecil dulu..
1. ABC ada berapa
Kalo pernah bermain ini, berarti ibu-ibu segenerasi dengan saya..
ABC ada beraaa paaa..
sambil menunjukkan jari-jari sejumlah yang kita inginkan..lalu dihitung berdasar abjad..
permainan ini bisa sekalian untuk melatih urutan abjad..bisa memakai nama buah, sayur, makanan, benda, kota, negara, kata kerja,dll..
misal huruf A.. buah: apel anggur dll
benda: angklung, anting, dll
kalo expert di bahasa arab, bisa tuh diubah menjadi A-BA-TA.. hahaha,tapi saya ilmunya belom sampe sana

2. Kotak Pos
Ko tak pos belum diisi, mari kita isi dengan namanya ‘buah’ (bisa diganti benda, makanan, kota, negara, dan sebagainya), kakak nailah minta huruf aaaa paaa…
naah nanti si anak kita suruh menyebutkan sebuah huruf..
cara mainnya dengan cara menumpukkan tangan kanan kita dengan tangan kiri anak dan sebaliknya. lalu ditepuk ke kanan dan kiri (hahaha kebayang nggak.. 😀 )

Sederhana kan..
Nah untuk memicu kosakatanya, bisa dengan membacakan buku cerita setiap hari. Target saya sih nggak muluk-muluk, sebelum tidur siang biasanya saya bacakan buku dulu.. Hehehe, sekarang-sekarang udah mulai nyantol kalo ada kosakata yang asing..misal: waspada itu apa Mi? eksplorasi itu apa Mi? polusi itu apa Mi?

Ah,i always try my best di antara segala banyak kekurangan diri ini.. Semoga kita bisa bertumbuh dan berkembang bersama dengan bahagia dan selamat dunia akhirat ya nak..

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s