Kabar Baik

Beberapa tahun terakhir, kalau sedang ada acara keluarga besar, makin banyak saja anggota keluarga besar saya yang berkerudung. Tentu saja saya sangat senang. Dulu, memakai kerudung adalah hal yang mungkin aneh dan langka. Apalagi, kawasan saya tinggal cukup bikin gerah ya (Jember adalah pesisir, Situbondo tempat keluarga mama juga panasnya minta ampun, kalo Bondowoso sih adem..). Bakalan muncul pertanyaan: Gak sumuk apa? πŸ˜€

Ada yang lucu lagi,,kalau kata mama saya, hanya orang-orang yang sudah naek haji yang memakai kerudung setelahnya… Aih. Tapi sekarang enggak kok.. Sudah menjadi hal yang lumrah malahan.. Bahkan untuk mereka sekalipun yang belom pergi ke tanah suci..

Saya percaya, apa yang saya dan kita semua alami saat ini, -kemudahan berjilbab- gak lepas dari peran orang-orang yang entah dulu siapa itu mereka, memperjuangkan supaya perempuan Indonesia bisa berjilbab. Saya pengennya kelak, anak saya, yang juga perempuan punya kemudahan yang sama seperti yang saya rasakan. Katanya dulu ada masanya buat foto ijazah, paspor, telinganya mesti keliatan walopun pake kerudung. Yakan aneh? Alhamdulillaah sekarang birokrasi memudahkan. Banyak juga temen-temen saya yang perempuan sekolah di luar negeri dan tetap berjilbab, bisa aja tuh.. Kalo liat dimana-mana juga, di televisi, di jalan, di mall, di kantor, banyaak banget kaum perempuan yang berjilbab, ada artis. Ada pejabat. Ada macam-macam profesi lah. Ada sih,, satu profesi yang belom jelas peraturannya. Ya, kita doakan deh semoga segera diketok palu peraturannya.. Bukan soal negara kita mayoritas muslim. Sederhana pikiran saya sih soal hak warga negara juga ya..

Yang gak kalah membantu pertambahan angka para muslimah berjilbab adalah: efek hijabers (ya walaupun kadang belum sempurna ya, gakpapa menurut saya… bertahap, semoga suatu hari bisa menyempurnakan). Mereka-mereka yang katanya fesyenebel bisa tetap berhijab. Dan aptudet. Tetep modis, tapi syar’i. Begitu katanya. Ya memang, kesannya mungkin simply jilbab jadi nampak too oldiest? So yesterday? Jadoel? Gak fashion, mungkin.. Tapi yang model begini kan juga bagian dari fashion ya? Itu soal kesukaan aja kalo kata saya..

Buat saya pribadi, ini sih kabar baik. Kabar yang sangat baik. Kabar yang bikin optimis. Bahwa semakin banyak muslimah yang mau menunjukkan identitasnya sebagai muslim. Artinya apa? Semakin banyak orang yang mau berubah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga ya! Kalo semakin banyak perempuan yang ingin jadi pribadi yang lebih baik, itu berarti mereka kelak akan berusaha menjadi ibu yang baik. Dan itu artinya, masih ada secercah harapan lahirnya generasi Indonesia yang berkualitas..

One thought on “Kabar Baik

Leave a Reply

