fly away

29 juni esok, kakak nailah berusia 20 bulan. seingat saya, saya belom pernah menulis tentang milestone kakak nailah di blog ini. beda waktu jaman hamil kan masih sempat ya mendokumentasikan di blog. blas, kakak nailah usia 6 bulan ke atas, saya gak pernah bisa buka laptop. bisa dan kemudian disabotase. jadi, kemudian tumbuh kembang kakak nailah saya tulis di buku atau di henpon.. pegang mushaf quran? udah ganti ngaji via henpon. thanks to android dah, u make my life easier. karena. begitu saya buka quran, maka kakak nailah pasti akan semangat tilawah juga. uyey! dan akan babling sesukanya.
kalo henpon, gak gitu tertarik, kecuali pengen nonton upin-ipin, nadia-syamil, atau lagu anak-anak. tapi tertarik juga kalo saya kebanyakan ngutek2 henpon. selain ada sebuah grup watsap yang notifikasi nya kenceeeeeeng kayak semburannya shimitzu, saya sibuk ngitung2 pake kalkulator. hehehe. apalagi kalo bukan kemungkinan maksimal cicilan rumah yang bisa diambil. hahaha.

di antara sekian mile stone, yang paling saya tunggu adalah fase bisa bicara. ngomong ‘a-yah’ dari 3,5 bulan juga udah sering dia. iyah, the first word nya kakak nailah ‘a-yaaaaah’.
nah, sejak 2 bulan kemaren, kemampuan berbicara nya mulai muncul..
kalo lagi rajin, satu hari kami luangkan 15 menit belajar bersama pake kartu bergambar..
awal nya sih, belom bisa menyebutkan nama benda di gambarnya.. sesuai petunjuk pemakaian kartu, perlihatkan kepada anak selama kurleb 10 detik, ulangi kata sebanyak 3 kali..
pas belom bisa bicara, cuman ditanya, kakak nailah, gambar pesawat mana? gambar sapi, mana? bunyinyaa? -mooooooo- haha, lucuuu. kalau bener, maka kita keprok-keprok sambil teriak2 : horeeeeeeee. udah kayak paud aja di rumah..

image

jadi, si kartu-kartu itu sudah hampir khattam kakak nailah hapal.
sekarang, dia mulai belajar, berbicara. baru bisa suku terakhir nya. hihihi, lucu ya. iya, gak tau kenapa, fase-fase batita mulai berbicara selalu lucu ya.

kata saya ke ayah kakak nailah: cari gambar bendera negara2 di dunia nyok. hahaha. iseng betul mau ngajari bendera negara.
kadang saya gak kebayang, harus mulai dari mana acara belajar itu. haha, yang penting mulai dari kondisi yang menyenangkan kali yak..

pengennya, sampe gede nanti, kakak nailah punya semangat belajar yang tinggi, rasa ingin tau yang besar, dan eskplorasi sebanyak-banyaknya. jangan kayak emak nya. moody. :p

kosakata kakak nailah
aaah (ayah); iiiiiiii’ (ummi);
ma-em; i-num (minum); nggaak; nggih (inggih); a-em (dalem);
aong (suara kucing); mbeekk (suara kambing); mooo (suara sapi); i-ka (ikan); u-da (kuda); nda (panda); pes (octopus); ci-cak; muk (nyamuk)
gi (lagi); si (nasi, kasih, permisi); sssss (habis, awas, nanas); tu (sepatu); situ; u-ka (buka); tup (tutup); syu-dah (sudah); ka (boneka, semangka); ka-kak; a-dik; au (mau); nyam-nyam; naaak (enak);
sang (pisang);
wuusss (suara pesawat); ngeeeng (suara sepeda motor / mobil)
hap (ekspresi berdiri / tangkap nyamuk)
daaah (dada); muah (kalo ngesun); kuuu (assalamu’alaikum); ndud (gendut)
dung (hidung); ka-ki; ta (mata), gi-gi

apalagi yaaaaa. hehe.

Advertisements

One thought on “fly away

  1. Akakakkkkkkbeneraaan saya pengen blog kayak kakakkk ajariiin laahhh.. bbiar lebih semangat nulis. ada kursusnya ga? oh keluar nagrek ? itu saya kabur kak sbnrnya ga boleh ditiru…saya lagi dalam fase maupilih yang mana setelah lulus.hahaha!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s