Belajar dari Penjual Mi Ayam

-ceritanya sedang mencoba menjadi observer atau apa pun itu peng-iqro’ semesta atau apa lah, termasuk cerita dari teman hidup-

Tau mi ayam kan…? Iya, apa coba…? MI AYAM. Iya mi ayam.
Nah, di dekat my home sweet home sekarang, ada bapak-bapak yang menjual mi ayam. Trus kenapa.. Udah biasa kan di mana-mana juga banyak yang jualan mi ayam. Menurut saya [dan suami tentunya] yang ini beda dong, enak dan murah. Sayangnya, jualannya hanya di hari libur dan tempatnya kadang susah dicari. Ummm, menariknya bukan tentang rasanya [hehe, walopun saya suka makan]. Tapi, tentang pertimbangan bapak penjual itu untuk memilih lokasi penjualannya. Begini ilustrasinya. Ada kampus dan ada bimbel begitu lah. Kalau Anda menjadi penjual, Anda akan memilih lokasi yang mana..? Dekat kampus atau bimbel…? Kalau saya, milihnya yang deket bimbel aja, soalnya mahasiswa itu kadang bosenan dalam memilih menu makanan. Nah, berdasarkan hasil bincang-bincang dari teman hidup saya yang mewawancarai bapak penjual itu, disimpulkan bahwa tempat yang mendatangkan keuntungan lebih adalah di bimbel. Soalnya:

mahasiswa itu banyak maunya.mau ditambahi pecin lah.saos lah.kecap lah.kalo anak-anak les-lesan mah mereka nggak macem-macem.kadang malah nggak mau pecin, nggak boleh sama mama.kadang putihan aja.saya kan jadi untung juga, ga banyak kurang bahan.

Wew, memang, marketing itu ilmunya trial and error seperti tukang obat dan tukang lotek. Analisis pasar memang perlu, but, experience is the best teacher, right?? πŸ˜€
<apakah saya perlu berguru pada Pucca yang mempunyai bisnis keluarga mi ayam. Lumayaaan, buat nyogok Garu dengan mi ayam..hehe>

-saya yang sedang tertarik berbisnis dan menulis-

2 thoughts on “Belajar dari Penjual Mi Ayam

Leave a Reply

