Teori Chaos (bagian DuA)

Dulu, sewaktu saya masih mahasiswa (Gayaaaa, sekarang sih,,,sudah tidak lagi. hahaha….), saya pernah mengikuti seminar yang diadakan oleh anak jurusan Teknik Industri, ICGD( ICGD=Institut Cap Gajah Duduk, meminjam istilah seorang adek kelas dengan inisial Dj alias Djolie, saya pinjam ya Djol…).

Ada teori yang sangat menarik yang disampaikan oleh pemakalah.

Teoi tersebut dinamakan Teori Chaos (pernah iseng saya tulis di sini ternyata). Untuk Anda yang kuliahnya di Teknik Industri, pasti familiar dengan teori ini. Saya sih baru ngeh waktu ikut seminar ini (baru inget, sertifikat nya belum diambil, dhieeeeeng!!!). Teorinya seperti ini:

Ada kondisi teratur di tengah ketidakteraturan yang ada. Atau dalam bahasa lainnya, hakikat kompleksitas itu adalah adanya pola di antara kondisi order dan disorder.

Ilustrasinya:

::sirine kalau didengarkan secara periodik akan menjadi bunyi yang membosankan::

::monyet memainkan musik, keos kan…??::

::nah, bagaimana dengan musik sendiri.musik adalah alunan yang indah bukan?ia hadir di tengah kompleksitas sirine  yang membosankan dan monyet yang memainkan musik, yang entah seperti apa bunyinya::

Mengapa tiba-tiba saya menulis ini? Sabab musababnyah saya pusing sendiri melihat berita di berbagai media  massa, televisi, koran, internet, beritanya itu-itu sajaaaah…kalau nggak pemeriksaan oleh kepolisian, berita selebritis itu-itu lagih.

Saya jadi teringat teori ini, dan saya jadi tersenyum lagi. Semoga kompleksitas yang tengah terjadi saat ini di Republik Indonesia tercinta bisa segera menemukan pola keteraturannya. Saya percaya dan sangat berharap itu terjadi.

Seperti kepercayaan saya akan hadirnya pelangi setelah hujan deras mengguyur.

Kepada lagit biru cerah setelah badai yang mengkelabukannya…

Jayalah Indonesiaku…. I love u full, hahaha…

Sumber: Makalah Seminar ”Krisis Global dan Rekrutmen Politik Indonesia 2009, Tinjauan Interdisipliner Aktual Ekonofisika”

One thought on “Teori Chaos (bagian DuA)

Leave a Reply

