Pertanyaan: Setelah LuLus Sarjana Farmasi???

Pertanyaan yang agak membuatku berpikir pernah aku terima di blog ini. Jadi bahan menulis di blog ini lah akhirnya…

Apakah setelah kuliah di farmasi (itb pulaaa, yang katanya masih termasuk yang terbaik di negeri ini…) bisa dijamin bekerja?

Hmm, pertanyaan yang sungguh-sungguh aneh menurutku… Agak mikir dengan kata “bisa dijamin bekerja” ???

Jujur saja, agak risih mencermati kata itu. Karena, pertama, masalah rejeki itu adalah masalah takdir, dan kuliah di sini adalah bagian dari usaha (ikhtiar) kita untuk menjemput takdir tersebut. Lalu, apakah kemudian manusia seperti aku bisa memberikan jawaban bahwa kalau kuliah di farmasi bisa dijamin bekerja? Am I GOD? (ya ampunnn, TA aja belum rampung… Bisa memastikan apa si aku???). Jujur saja, kalau setelah lulus dijamin kerja, adakah yang bisa membantuku menjamin hal tersebut?

Kedua, yang bisa menjamin kerja atau tidak, ya diri kita sendiri. Karena setiap orang mempunyai interest yang berbeda bukan?

Paling tidak, berdasarkan informasi yang pernah kudapat tentang field job of a pharmacist (lapangan kerja farmasis) itu dibagi ke dalam lima bidang besar:

 

I. Bidang Akademisi

Sederhananya ini berkecimpung di dunia pendidikan farmasi dan penelitian seputar farmasi. Biasanya menjadi dosen atau peneliti.

 

II. Bidang Industri

Hmm, biasanya bekerja di industri farmasi atau industri yang berhubungan dengan farmasi. Nanti, di perusahaan farmasi sendiri ada penjenjangan kariernya lagi juga dengan berbagai macam posisi. Bisa seorang sarjana farmasi atau apoteker (oya, gelar apoteker itu didapat setelah menempuh pendidikan profesi selama setahun), tergantung kebutuhan industri farmasinya seperti apa.

 

III. Bidang Birokrasi

Birokrasi di farmasi berurusan dengan masalah peraturan-peraturan terkait farmasi dan sekitarnya. Misalnya regulasi obat, ijin edar obat, dan sebagainya. Biasanya bekerjanya di badan pemerintahan seperti BPOM (Badan/Balai Pengawasan Obat dan Makanan), atau di Dinas Kesehatan. Atau mau jadi Menteri juga boleh kalau mau…

 

IV. Bidang Klinik dan Komunitas

Nah, kalau yang ini, nantinya banyak berhubungan dengan pasien di apotek maupun rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Ini, mau ga mau harus jadi seorang apoteker dulu.

 

V. Bidang Entrepreneur

Yap, seorang wirausahawan. Banyak bidang yang bisa dikembangkan sebenarnya. Tapiiii, kan kalau kata pelajaran Manajemen Kewirausahaan, untuk jadi seorang entrepreneur harus ada bakat tuh… Jadi, benar-benar penuh tantangan dan nggak di zona yang aman.

 

Oya, satu lagi, ada juga Farmasi di dunia Militer. Kalau yang ini masuk yang mana yaaa??? Yang jelas tugasnya masih sama dengan tugas profesi seorang farmasis. Pernah dalam sebuah seminar, seorang alumni yang bekerja di LAFI AU bercerita tentang pengalamannya. Apoteker di sana bisa jadi bekerja di rumah sakit miliki AU atau juga di bagian penyediaan obat bagi mereka sendiri (ada beberapa tablet yang sudah bisa diproduksi sendiri dan sudah memenuhi CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik)). Kurang lebih begitu ceritanya.

 

Yeah, itu sekilas tentang dunia kerja farmasi yang kuketahui.

 

Kalau aku mau yang mana? Ada deh… Hehe, masih TOP SECRET. Makanya, nantikan saja kisah-kisah berikutnya… Masih sedang dalam usaha mewujudkan cita-cita… (TA aja belum selesai, semangadh!!!)

 

Terima kasih, semoga bermanfaat

Advertisements

10 thoughts on “Pertanyaan: Setelah LuLus Sarjana Farmasi???

  1. What are you looking for ? Job, or MONEY ?
    Dapat kerjaan bagus juga belum tentu gajinya bagus.
    Banyak orang kaya yang kerjaannya nggak keliatan elit.
    Anyway, good luck with your choice…

  2. “minimal menjadi ibu yg sangat pintar untuk anaknya..”
    mewujudkan generasi yg lebih pintar lagi..
    kata pak Gendot (guru SMP), “pendidikan akan berhasil kalo murid lebih pintar dari gurunya.” (wadduuu sori, jadi out of the track)

    *kalo da jadi entrepeneur, jika diperbolehkan ikutan magang dunk (di-boss-i mbak nana, hehee).. sukur2 kalo ikutan partnership,,, uhhuuuyy!!

    • yep, bener banget, koq kata-katanya mirip banget ma kata mamaku yak?? apa aku pernah cerita ma kamu ya dek???

      haha, kalo aku jadi boss, kamu adeknya boss dong… wkwkwkwk…

      • quote yg bagus mbak, ^_^,

        semoga kita bisa bikin partnership yg baik..
        ni lagi belajar investasi mbak (doain bagi hasilnya cepet yaa,, hehee),
        sayang belum bisa ikutan di bisnisnya, padahal kayaknya seruu.. langsung mencolot jadi investor,, uuhhuuyy..

  3. Pingback: wadezigh | ^ r.u.m.a.h a.k.s.a.r.a ^

  4. Di Harapkan Setelah Lulus S1 farmasi . Yg Lulus Dari Farmasi Tersebut dapat bekerja. Dan buat pemerintah minta penyediaan lapangan Kerja. Khususnya buat farmasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s