Beda Rasa…

Beberapa hari yang lalu aku mengadakan Survei Independen dengan tajuk [hayyah, tajuk, bilang aja tema…]

“Menurut kalian, apakah perbedaan rasa: Sayang, Suka, Cinta dan Kagum?”

Sebelumnya kuucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi semua reponden yang turut menyukseskan Survei Independen ini. Tanpa kalian semua, aku tak ada apa-apanya… [hehe, lebaiiiii….]

Survei Independen

“Menurut kalian, apakah perbedaan rasa: Sayang, Suka, Cinta dan Kagum?”

Latar Belakang

Aku bukan sedang kekurangan pekerjaan dan melakukan hal tidak penting seperti ini (karena ada yang hanya merespon dengan ‘lol’, aku jadi sebel…). Ini bukannya tanpa alasan dan latar belakang, ini berawal ketika salah seorang sahabatku mengajukan pertanyaan, apakah parameter suka? Kriterianya apa aja, sehingga aku bisa menyimpulkan bahwa aku menyukai seseorang? Hayyah, sahabatku yang satu ini memang ‘unik’ dan ‘extraordinary’… Kenapa ya aku dikelilingi oleh seperti itu? Ahaaa, ya karena mungkin aku juga ‘unik’ dan ‘extraordinary’.

Tujuan

1. Mengetahui pendapat subjektif dari para responden

2. Membantu sahabat yang sedang kebingungan dengan rasa di hatinya, semoga dapat dijadikan referensi yang baik

3. Membantu orang lain yang mungkin juga sedang kebingungan mendefinisikan apa yang sedang dirasa… [haha…]

Sasaran dan Metode

Survei ini dilakukan pada orang-orang dekatku, dengan metode:

-ada yang langsung disms dan membalas ke hapeku

-via ym, ahaha, langsung aja diajak ngobrol

-via fesbuk, pasang status dan ada yang ngasih komen

-ngobrol langsung

Hasil

Silakan dibaca…berikut ini… Gratis, nggak bayar koq…

Sayang Suka Cinta Kagum Keterangan
Semua sama aja, itu kan Cuma masalah bahasa, sesuatu yang mendefinisikan yang kita rasakan, masalah persepsi ajah…

<by Amanda SBM 05>

Cenderung ke saudara

<by Vivin TA 06>

Sekedar kagum. Cinta itu dalem. Gabungan semua rasa, bisa berkorban untuk sesuatu yang benar-benar dicintai. Sayang dan suka ga segitunya.
Complicated

<by Niken FA 05>

Ga ngerti

<by Ika EL 05>

Sayang dan kagum itu proses.

<by Tony, FA 05>

Suka butuh alasan untuk menyukainya. Karena ini, karena itu. Cinta tidak butuh alasan mengapa kita mencintainya. Yang kita tahu, kita sadar mencintainya. Semuanya bisa beririsan.
Sayang Suka Cinta Kagum Keterangan
Refleksi rasa cinta, yang menggambarkan tingkatan rasa cinta yang dimiliki. Seperti cermin yang memantulkan cahaya dan menggambarkan bayangan rupa, tergantung seberapa banyak cahaya yang diterima dan seberapa dekat objek banyangan yang akan direfleksikan.Semakin besar rasa cinta, rasa sayang pun akan semakin besar dan mengalir begitu saja. Semakin tulus rasa cinta, rasa sayang tidak akan pernah berhenti dan dibatasi oleh apapun. Apresiasi selaras hasrat jiwa.Ketika sesuatu memperlihatkan pesonanya, ditangkap oleh hati,  maka akan ada 2 keadaan.  Jika diapresiasi dengan adanya keselarasan hasrat jiwa, maka hati akan memiliki kecenderungan untuk memiliki dan menikmati, Untuk mendapatkan kepuasan bagi jiwa, Meski berkali-kali melihat akan tetap diinginkan untuk dinikmati dan mungkin dapat bertambah sesuai kadar hasrat jiwa.

<by Mamang, FA 96>

Bersemayam di hati, karunia Ilahi. Cinta merupakan karunia Allah yang Allah sisipkan dan semayamkan di hati kita, menjadikan kita untuk memiliki kecenderungan kpd apa yang dicintai dan menjadikan kelembutan sebagai nuansanya. Apresiasi terhadap hal yang mempesona. Jika hal yang mempesona diapresiasi tanpa ada keselarasan dengan hasrat jiwa, hanya sekedar rasa kagum, berupa pengakuan akan keindahan atau keterpesonaan kita tentangnya. Bisa jadi bertahan lama, bisa jadi akan bosan ketika dilakukan atau dicari berkali-kali atau berulang-ulang. Cinta dan sayang memberikan kecenderungan untuk memberi dan memperhatikan, bukan meminta atau menerima. Cinta adalah pengharapan untuk dipilih atau dimiliki, sehingga dapat memberi. Kepuasan cinta adalah memberi.Kalau kamu mencintai seseorang, kamu berharap untuk menjadi perisainya dari hal yang mengganggu, menjadi pedangnya untuk melawan, menjadi otaknya untuk berfikir, menjadi matanya untuk melihat, menjadi segalanya, agar yang dicintai terpuaskan, tapi tidak cukup sekedar berharap, disadari atau tidak kamu akan bergerak mewujudkan hal itu. Cinta menuntut keridhoan akan apa yang kita cintai. Misalkan saya cinta si A, maka saya mengharapkan untuk mendapatkan keridhoan si A terhadap saya. Menginginkan kepuasan dari si A untuk bisa ridho terhadap saya. Akan melakukan segalanya agar bisa berada di sisi A. Cinta adalah kekuatan memberi.

Suka itu keinginan untuk memiliki sehingga dapat menerima atau mendapatkan kepuasan. Kepuasan suka adalah mengambil atau menerima. Kalau seseorang berbuat baik, maka kamu akan menyukainya. Suka itu menuntut keridhoan kita terhadap yang disukai. Misalkan saya suka dg si A, maka saya akan ridho terhadap si A, sikap, perbuatan, dll.

Suka belum tentu cinta.

Tapi kalau cinta pasti suka…

Di atas suka dan cinta. Ingin melihat orang yang disayang bahagia. Mau menderita demi mereka. Tidak bersifat ingin memiliki. Misalnya kita rela melakukan apa pun asal orang tua kita bahagia. Biasa aja, hanya seneng, tidak berdebar-debar ketika di dekatnya.

<by Jek, Minyak 05>

Membuat kita berdebar kalau ada di dekatnya. Cinta cenderung ingin memiliki. Ga rela kalau orang yang kita cintai bahagia dengan orang lain. Cuma sebatas kagum, tidak ada perasaan mendalam.
Sayang Suka Cinta Kagum Keterangan
Suka yang lebih tinggi, bisa nerima kekurangan atau kelebihan, menerima apa adanya. Ya ngertilah, lebih pada hal perasaan.

<by Didit, STAN 07>

Sayang plus bonus yang namanya nafsu. Suka karena sesuatu kelebihan dari orang tersebut.
Abadi, tulus, sepanjang masa, Tak harus memiliki.

<Mbak Nana>

Campur ma nafsu, juga ingin memiliki Menyukai karena sesuatu hal yang dimiliki orang itu
Condong ke arah selalu ingin membuatnya bahagia, melindungi. Hampir sama dengan kagum, Cuma sedikit penilaian atau kesan tertentu aja bisa membuat kita suka atau kagum sama seseorang, tanpa memperhatikan kekurangannya. Suka atau kagum tidak jaminan berubah jadi cinta… Rasa memiliki, mau menerima segala kekurangan dan kelebihan disertai pengorbanan (intinya komitmen).

<Mas Fandra>

Cinta tanpa possesivitas.

<Kresna, Temen SD>

Rasa ketertarikan akan sex appeal obyek Hati ini hanya utk obyek tsb dan sebaliknya, ada possesivitas Sekedar memuji, tanpa perlu ada rasa
Bisa jadi cinta dan kekal.

<Fiski, ITS>

Suka ya suka, kayak kalau kamu suka sama permen Bersifat hanya sementara
Kayak orang tua ke anak.

<Ami Fisika 06& Ai Ma, 05>

Suka itu ya tertarik sama seseorang dengan dan atau tanpa alasan yang jelas Merelakan orang yang kitra cintai untuk berbahagia Kagum itu ga ada rasa suka, hanya ada orang yang menginspirasi kita
by Ratih, STF 07 Berhubungan dengan hati, jadi tidak bisa divisualisasikan
by Ika, adek kelas,

pacar sahabat

Pertama aku kagum aja sama kelebihan yang dipunyai, jadinya aku suka ngobrol ma dia, temenan ma dia. Rasa suka itu disimpan terus akhirnya jadi cinta deh, sekarang aku udah tau kelebihan dan kekurangan dia. Lama-lama sayang ma dia.
Sayang Suka Cinta Kagum Keterangan
Seperti Badan Pengurus ke anggota, memberi demi kebaikan yang diberi.

<by Ikhwan, Pak Bos, FA 05>

Anggota nongkrong di sekre, atau kumpul-kumpul Anggota HMF bersedia berbuat apa aja Peserta MPAB (osjur red) cewek ke panitia cowok, tapi nggak kenal dekat Dianalogikan ke HMF yaa…
Rasa pada orang terkasih di sekitar kita Awal dari rasa cinta.

<Mbak Anggie, sahabatku>

Rasa sayang pada soulmate kita Awal dari rasa suka
Ngerasa sedih kalau dia sedih.

<Teh Irma, FA 03>

Deg-degan dan seneng kalau lihat wajahnya Jauh di mata dekat di hati Terpukau sama pembawaannya
Bentuk

<by Kak Adi, MS 03>

Melihat Sifat Hormat
Kayak orang tua sama anak, teman sama teman.

<Babol, TL o5, Jember-an>

Seneng kalau ada dia, contoh Saya suka inter Dari KBBI: suka sekali, sayang benar Cinta gabungan ketiganya Kayak suka, tapi lebih karena kehebatannya pada suatu hal. Bisa juga kagum sama artis
Rasa suka muncul melalui telinga, ketika kau tutup telingamu maka rasa suka itu bisa hilang tiba-tiba.

<Purwa, FA 07>

Rasa cinta itu muncul melalui mata, ketika kau pejamkan matamu, maka akan kau temukan butiran air mata menetes di pipimu
Lebih tinggi dari cinta. Sampai ke dalam hati, seutuhnya. Karena kasihan kepada seseorang. Selamanya.Tidak ada putus sayang.Makanya namanya pengasihan, iso mati ngenes.. Dudu pencintaan, ahaha…

<by my Mama>

Seneng aja, Cinta bisa benci. Bisa putus, karena tidak mengenal kasihan. Besok bisa nggak cinta. Merelakannya bahagia bersama orang lain.Cinta itu bisa dibeli.Nek kasihan pasti cinta, tapi kalau cinta belum tentu kasihan. Sekedar kagum, hanya sebentar Kalau ingin memiliki, itu karena hati masing-masing orang. Bisa beda satu sama lain. [hayyah, bahasanya emak-emak banget yak, gw kagak ngartii…]

Sayang-Kasihan-Cinta

Suka dan kagum ada dalam sayang dan cinta. <by Bayu, temen SMP> Suka: Ingin memiliki Menginspirasi
Sayang Suka Cinta Kagum Keterangan
<by Silmi Fa 07> Untuk sekedar konsumsi mata aja Cenderung dijadiin panutan
Bisa selamanya dan nggak akan pernah hilang seperti kasih sayang ibu sama anaknya.

<by Erief, temen SD>

Tidak kekal sewaktu-waktu bisa hilang sama halnya dengan suka Sama halnya dengan ngefans sesaat
Sayang ntu ada rasa ingin melindungi, tidak Cuma pengen tau yang dirasakan atau dilakukan tapi juga ingin ikut merasakannya Pengen tau apa yang orang tersebut rasakan atau lakukan Kalau cinta lebih dari itu semua.

<by Yunus PN 05, CaPres KM no.1>

Kagum ntu Cuma sebatas suka sama apa yang ada pada diri seseorang Kalau konteksnya antar manusia, empat kata ntu kayak tingkat perasaan.
Sayang, sama anak kecil.

<by Mbak Andri, pengajar radio>

Suka sama makanan Cinta, sama pasangan hidup Kagum, sama orang tua
<by Pak Yandhi, suaminya mbak Andri> Beda kesemuanya itu tipis lho…Bisa jadi benci, hati-hati loh…
<by Mbak Elsa, temen kosan> Ngapain didefinisikan? Kurang kerjaan…
Sayang itu tulus.

<by Eca, temen SMP>

Suka itu bisa hilang Cinta? Ga tau Kagum itu sesaat Soalnya eca selalu mengucap sayang sama tunangannya, bukan cinta
Sayang itu lebih tinggi dari cinta. Sayang itu akan merelakan orang yang disayangi pergi dari sisi kita untuk meraih bahagianya sendiri. Sayang itu benar-benar menginginkan orang yang disayangi benar-benar dalam keadaan safety (aman) alias tak terjadi apa-apa. Misal, orang tua sayang sama anaknya, makanya anaknya dibiarkan hidup bersama orang yang dipilihnya, ato anaknya dibiarin kuliah jauh, hehe…Sayang itu tak lekang oleh waktu, meski tak lagi dimiliki,,, Suka ya suka aja. Cuma suka tapi tidak ingin memiliki. Trus bisa hilang suatu saat. Tapi itulah suka. Suka itu ada sesuatu yang melandasinya. Bahkan karena tak ada alasan pun itu bisa menjadikan landasannya. Ini adalah awal mula cinta.

<by me 🙂 >

Cinta itu ada sebuah keinginan untuk memiliki. Ingin membuat orang itu bahagia di sisi kita, sehingga membuat kita rela berkorban apapun untuk mewujudkan hal itu. Cinta itu menuntut balasan (timbal balik) dari seseorang yang kita cintai. Ketika cintanya sudah hilang, yasudahlah, hilang deh… Melihat sebuah kelebihan dari seseorang yang membuat kita terinspirasi dan termotivasi secara holistik (keseluruhan). Kalau menurutku kagum itu adalah hasil menilai seorang pribadi secara utuh, tidak bisa hanya di satu sisi. Misalnya saja sebuah kekaguman karena sudah diterima apa adanya, kagum karena orang itu mau bekerja keras, dan sebagainya. Yeah, jadi aku berkesimpulan bahwa ketiga rasa ini adalah tingkatan.Kagum-Suka-Cinta Sayang itu di luarnya. Kalau di diagram venn, bisa jadi sayang itu semestanya.

Yeah…

<by Dudi, sahabatku> Menurutku itu bukan perbedaan, tapi tingkatan. Semua diawali dengan kagum, jika dipelihara akan muncul suka. Jika suka sudah merasuk, tanpa diperintahkan akan mabuk cinta, barulah sayang akan lahir.
Ketika kita merasa sedih kalau orang yg disayangi sedih dan merasa senang kalau orang itu senang, dan kita mau memberikan yang terbaik untuk orang itu Ya suka, ada something interesting yang membuat kita interested in.

<by Fajar, sahabatku>

Cinta, aku belum kenal dengan yang satu ini Melihat keistimewaan sesuatu dan menurut kita itu keren n ‘wah’

Analisis

Tak perlu lah dianalisis 🙂

Simpulan dan Saran

Kalau boleh aku menyimpulkan, jawabannya memang subjektif banget. Jadi, kalau saranku, ga usah didefinisikan sajalah, ruwet… Tapi penting juga sih memahami perbedaannya, biar ntar-ntar ga salah paham ma orang lain tentang apa yang dirasa.. Haha…

Terima kasih, semoga bermanfaat

Wallahu a’lam bishshawab… (subhanallah, untuk Yang Mencipta berbagai rasa…)

Advertisements

13 thoughts on “Beda Rasa…

  1. jiah! dudul..penelitian macam apa ini?hahaha…ga ada pembuktian hipotesis apapun..hahaha..

    ah win, kata aku mah…kita ga akan pernah tau arti semuanya kalo ga pernah ngerasain..dan kadang menipu, antara semua rasa itu…

    makanya emang, akhirnya yang nyaman adalah Cinta ama Yang Di Atas…nyaman banget..hehe

    • da emang dudul,hahaha…

      iya,bener devan,emang harus didasarkan atas pengalaman kita,karena emang subjektif banget..

      cinta ma Yang Menciptakan Cinta,emang nyaman banget.. Mari mengejar cintaNYA..

      apa itu cinta? Hehe,balik deui..

  2. Bismillah.
    Na,,maap sms mu blm q bls…:D, cz daku lg sibuk…
    Kalo aq blh memilih, aq setuju dengan pendapatmu+pendapat Dudi. Aq jg sempat tanya pada temanq, waktu aq baca sms mu. Pun, dia jwb yang semakna. Kadang manusia tidak bisa jujur dengan rasa yang dirasakannya, walhasil dia tidak mampu mendefinisikan apa yang dia rasa… (hehe jd ketularan wina, puitiss…).
    Well, aq kangen, na.. pengen ktmu kamu.
    Aq sdkt bosen dgn rutinitasq. Hiks,,tapi harus tetap semangat!!!
    Semangat juga buat TA mu!!, cepet lulus, cepet n…ah! 😉
    Assalaamu’alaykum, ukhty…
    Baarokallahu fiyk

    • Waw,suka dengan kata-katamu yang ini:
      kadang-kadang manusia tidak bisa jujur,sehingga tidak dapat mendefinisikan apa yang dirasa..

      aku juga kaaangeeen banget..
      kapan ya qta ketemu?kalo libur,maenlah ke bdg..ntar qta jalan-jalan dan refreshing.. I’ll be your guide..

      semangadh! demi menyelamatkan dan menolong umat manusia,ga boleh bosen ya bu dokter..

      tetep saling mendo’akan yah…

  3. punten, kalo ane mendeskripsikannya pake analogi.
    tapi, saya berharap analogi ini bisa diimplementasikan dalam konteks hubungan antar individu.
    pastinya gue sendiri, dah mengalami semuanya (insya ALLAH!)

    mudah2an hasil penelitian temanku/sahabatku ini memberi inspirasi banyak orang. amien..

  4. hmmm…
    yang paling panjang yang ditulis mamang… wajar… menggambarkan panjangnya pengalaman yang terbentang, mengarungi samudera cita rasa dan karsa… halah.

    dan yang terpanjang kedua yang ditulis wina. apa ini juga menggambarkan yang pengalamannya paling banyak setelah mamang…

    nampaknya kau sudah dewasa, Nak!

    • hahaha, ini karena ada sahabatku yang nanya mas, makanya disempetin bwt nanya-nanya beginian… so, what’s your opinion?? (kena deh..)

      umm, kayaknya ada yang kenal deh, tau Dudi? dulu smanya sama kayak mas kalo ga salah… mbak anggie anaknya Pak Patut, yang dulu juga ngaji barengan juga kenal deh kayaknya…

  5. hmm,nantang nih?!.suka-kagum-sayang-cinta.mnurutku klo diurutin dari yg lbh umum kyk gitu.artinya?KBBI aja kali ya…yg jelas smua itu prasaan positif yg bisa dinikmati ,smakin ke kanan,tambah susah ngungkapinnya.eh, g ditanya itunya ya?…duh jadi curhat.
    Bukannya sombong,tpi kok baru inget pak Patutnya aja ya.maap…. minta ramuan penambah daya ingat donk!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s