Sedikit Cerita: tentang Farmasi

photo12201

Yeah, ini adalah kata yang sangat melekat denganku setidaknya selama empat tahun ke belakang. Mengamati dunia pendidikan farmasi, terutama di Indonesia, membuatku banyak memandang hal-hal yang berbeda di masing-masing institusi penyelenggaranya. Yeah, semoga dengan tulisanku kali ini bisa menjadi salah satu wacana untuk memilih perguruan tinggi mana yang sesuai selepas jenjang pendidikan SMA. Karena memang, dulu, aku merasa kurang mendapatkan gambaran tentang jurusan farmasi yang ada di masing-masing perguruan tinggi, apa saja fokus penelitian di tiap perguruan tinggi.

Dulu, sewaktu berada di bangku SMA, yang kupahami hanyalah, farmasi itu belajar tentang obat. Titik. Nggak tahu ada apa di dalamnya dan tidak ada tuh keinginan muluk-muluk ingin jadi apa… Bahkan, kalau saja Anda tahu, aku berangkat kuliah ke sini dengan alasan yang benar-benar tidak rasional kala itu. Aku memilih kuliah di jurusan atas sebuah dasar: ” Bandung itu tempat yang dingin, dan aku tidak akan memilih Jogja atau Surabaya (Surabaya? Jauh-Jauh dah, panaaasssnyaaa itu minta ampunnnn!!!). Kalau saja ada jurusan Farmasi di Malang, mungkin aku akan kuliah di sana.”

Teman-temanku sering menanyakan apakah ada jurusan Farmasi di kampusku ini, lalu dengan pede aku menjawab, ada dong… Yeah, satu lagi penegasan: ADA FARMASI ITB loh…

Hehe, jangan tertawakan motivasiku yak… Ya, sebenarnya, kalau ditinjau ulang, kampusku saat ini adalah salah satu kampus terbaik di negeri ini, yang pastinya membuat siapa saja ingin gabung di sini. Benarkah demikian? Haha, ga tau juga deng… Ini lebai…

Okey, ini sedikit panduan buat kamoe-kamoe yang tertarik dengan dunia farmasi… Yang pengen tau, sebenarnya di dunia farmasi ada apa saja sih…

Ini gambaran tentang kuliah farmasi di ITB. Singkat cerita sejak tahun 2006, Farmasi tidak lagi berada di bawah FMIPA, tapi menjadi Sekolah Farmasi ITB. Ada dua prodi: Sains dan Teknologi Farmasi; Farmasi Klinik dan Komunitas.

Ada empat kelompok keahlian seperti tulisanku terdahulu: Farmakokimia, Biologi Farmasi, Farmaseutik dan Farmakologi. Keempatnya adalah ilmu yang tak terpisahkan menurutku, dan saling berkaitan satu sama lain.

Aku akan menjelaskan kembali dengan bahasa yang cukup sederhana.

1/ Farmakokimia:dunianya analisis, sintesis. Contoh gampangnya misalnya analisis boraks dalam bakso, atau sintesis vitamin C.

2/ Biologi Farmasi:mengambil dari senyawa alam untuk dijadikan obat. Misalnya nih, temans melihat pohon di pinggir jalan, kemudian berpikir, kira-kira dari pohon ini ada senyawa aktif apa ya yang bisa digunakan? Mulailah diteliti, dikarakterisasi, sampai bisa mengambil si senyawa aktif tadi atau hanya ekstraknya.

3/ Farmaseutik:dunia pembuatan sediaan farmasi dan teknologinya. Ini bisa jadi adalah farmasi yang dikenal secara umum oleh orang awam. Membuat berbagai macam sediaan farmasi seperti yang teman-teman kenal. Apa saja? Ya misalnya saja tablet, krim, sirp, dan sebagainya.

4/ Farmakologi:dunia uji efek dari suatu senyawa aktif maupun sediaan farmasi. Misalnya saja, kalau melihat obat ini atau senyawa aktif itu, kira-kira bisa mempunyai efek apa ya.

Ya itu kira-kira contoh sederhananya. Faktanya ya tidak sesederhana itu. Setiap kelompok keahlian nantinya ditunjang oleh ilmu-ilmu tertentu lagi. Arah penelitian di ITB sendiri kalau aku amati adalah ke arah penemuan senyawa aktif atau sediaan farmasi baru. Baru di sini bisa jadi memang benar-benar baru atau hasil modifikasi dari yang sudah ada atau pengembangan.

Nah, setahuku kalau temans ingin jadi ahli jamu, nah temans bisa memilih UGM, di sana penelitian ke arah obat tradisional sangat baik menurutku, sampai ada prodi sendiri kalau tidak salah. Silakan dilihat saja untuk lebih jelasnya.

Kalau untuk Unair sendiri, aku amati farmasinya sangat bagus tentang Klinik dan Komunitas. Setidaknya karena memang sudah berthaun-tahun ada, jadi cukup establish.

Nah, gambaran di atas sedikit panduan untuk memlilih kira-kira dunia farmasi manakah yang diinginkan…

Mau industri oriented atau pasien oriented? Ya terserah temans…

Kalau ada yang kurang jelas bisa memberikan komen atau kalau ingin lengkapnya silakan japri saja ke imel atau ym…

Hari ini tanggal 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional, tulisan ini dibuat salah satunya untuk mengapresiasi hari tersebut… Semoga dunia pendidikan Indonesia makin baik ke depannya…

Terima kasih, semoga bermanfaat

Wallahua’lam bishshawab

101 thoughts on “Sedikit Cerita: tentang Farmasi

  1. wahahaha…
    banyak kisah-kisah pendidikan ya,di farmasi kita tuh..

    pendidikan farmasi,
    pendidikan gosip,
    pendidikan keorganisasian,
    pendidikan de el el,,,

    • bener banget Wan.. di farmasi itb ga cuma belajar tentang akademik aja, rugi banget kalau cuma belajar akademik… itu si menurutku, mungkin aja salah,.. hehe.. atau mungkin menurut qta aja kali ya pendidikan farmasi ga cuma ada pendidikan farmasi aja???

      **kan berasa jadi outlier di farmasi…**

  2. aku mau tahu, setalah keluar dari farmasi di jamin kerja tidak? aku bisa tahu e-mail kamu tidak dan No HP km, aku mau tahu lebih banyak tentang farmasi aja.

  3. aku baru naik kls 3 sma….,aku msh bingung mau pilih jurusan mana nanti,pngin’a sih msk farmasi”” tp ku cm tau farmasi dr kk tmen smp dlu,klo dlht kyanya enx……… ,ku pgin tau tentang farmasi lbh bnyk dr sdt pndng seorng mahasiswi farmasi………..,biar g’ slh pilih jurusan,tlong y ka…………..thnks……

  4. assalamualaikum,
    slm knl dr aQ,oya mbk qlu aq sc bngung mw msk k aksmi ngambil jurusan farmasi. Tp aQ tKutnya nTar Aq kAgak mzuK k KUL. Cz Aq juJa loem tw sCul d Aksmi nTu menjamin mZuk k PTN or KaGak. Aq sKrg bru lu2s SMP

    • wa’alaikumsalam

      salam kenal juga,
      oya, kalau mau penjelasan lebih lanjut, aku udah bales di email yang dicantumkan, kalau mau ngobrol bisa via email ajah yak,,,
      okai??

  5. halo, salam kenal, saya anak sf itb juga nih, tapi maba, 2009, mau nanya, klo STF tuh prospek kerjana cenderung jadi apa?, n klo yng di FKK jdi apa?
    tengkyu…

  6. Halo,salam kenal juga…
    Yang perlu diketahui,dua prodi itu,STF dan FKK itu tetap belajar 4 hal yang sama(tetep dapet porsi dari 4 Kelompok Keahlian,hanya,memang porsinya berbeda..)
    Nah,kalau prospek kerjanya,secara umum bisa dilihat di postingan:Pertanyaan:Setelah Lulus?

  7. kak,aku skarang lgi pngin msuk skul farmasi ::tau dch kl bsa::
    aku skarang bru klas 3smp,n pngn msk SMF,ta yg bkin bngung kl dah kluar dr SMF itu krja’y jdi pa ja? yg aku tw cman jd apoteker doang,, tlong y kak pnjelasannya,,

    • kalo keluar dari SMF itu setau kakak jadinya AA (Asisten Apoteker). kalo mau jadi Apoteker tetep harus kuliah lagi jadi Sarjana Farmasi trus baru deh ikutan pendidikan profesi baru dapet gelar Apt (Apoteker)

  8. mbak, kalau mau masuk farmasi bidang apa ja yang harus dikuasai??? apa cuma’ kimia aja??
    apa di farmasi, menerapkan hitung-hitungan juga? atau….cuma mengandalkan hafalan?

    • hmm, hampir semuanya. kimia perlu banget, hitung-hitungan juga ada tapi dikit kok, hafalan sangat diperlukan, banyak hafalannya soalnya…
      kesimpulannya: semuanya perlu πŸ™‚

  9. Mbak, ak br mau msk kul d jrusn farmasi, td d Akdemi Farmas jursn D3.
    KtX farmasi tu, msi ada jursn d dlmX yg kudu d pilih.? Klo bner, jursn pa yg pling baik?
    Thx…

  10. kak ni akk kls 2 sma,
    nahh udah brfkr pngn ngmbl farmasi kalo kuliah nantii.

    Tapi takud ng brhsil pas ngmbil jrusan itt. .
    Kag mntag nama fb ny. ?

    Add fb akk iia kak,
    dindaajah68@yahoo.co.id.
    Akk pngn tau pnglman k.kak ddunia farmasi tt keg mana, ?
    K.ka ngrm psen dlu iia, biar akk tau kalo k.ka iiang bkn blog ini. :))

  11. salam kenal mba…..
    saya catherine
    mba klo d farmasi lbh banyak hafalan ato hitungan nya ??
    mba saya kan msh sma , skrng saya sudah tertarik dengan jurusan farmasi
    menurut mba apa yg hrs saya lakuin agar saya dpt masuk k dalam jurusan farmasi ??
    trimakasih ebelum nya

    • hmm, lebih banyak hafalannya sih…itungannya itu lumayan dikit, sifatnya hitungan dasar aja, ga rumit2.. .
      yg harus dilakukan apa ya: banyak belajar dan berdoa aja kali yaa… πŸ™‚

  12. ass.. ka, sya pljar smk frmasi kelas 2.. sya tuh pusing banget dengan praktek. apa lagi kalau soal hitungan farmasi.
    hm.. saya bingung nanti mw lanjutin kliah jrusan frmasi pagak. kira” nanti di kuliah lebih susah gak si??? mksh..

    • wa’alaikumsalam warohmatullah wabarokatuh..
      hehe, emang bikin pusing kok. kalo gak bikin pusing gak seru.. πŸ™‚
      di kuliah susah tao nggak, itu kembali ke kitanya..
      “melakukan sesuatu yang kita sukai itu menyenangkan”
      jadiii, walopun sesusah apa pun kalo kita suka, ya nggak peduli sama susahnya…
      pertanyaannya sekarang: suka nggak sama farmasi…?? πŸ™‚

  13. Halo,

    Salam kenal. Kami suka dengan tema tulisan kamu tentang pengalaman kamu di ITB.

    Begini, LPM ITB sedang membuat situs antarmuka untuk menjembatani mahasiswa- alumni ITB, dengan siswa SMU dari seluruh Indonesia, yang berminat ke ITB, untuk bisa bertukar informasi. Tujuannya, adalah untuk mengurangi kasus “salah pilih jurusan” sebelum memutuskan masuk ke ITB, juga membuat siswa SMU mengenal lebih dekat kehidupan mahasiswa ITB, dengan harapan, mereka bisa mengoptimalkan waktu belajarnya di kampus.

    Kami berusaha untuk mengurangi bias informasi seputar jurusan di ITB, bagi siswa SMU, sehingga mereka punya spektrum yang luas dan berimbang seputar disiplin jurusan, bahkan aktivitas mahasiswa ITB.

    Kalau Kamu bersedia, silakan berkunjung, berdiskusi, berbagi, dan jangan lupa untuk menjawab keingintahuan siswa- siswa SMU dari seluruh Indonesia, tentang ITB.

    Oh iya, tulisan ini juga bisa lho, kalau mau diposting .

    Regards,

    Layanan Produksi Multimedia ITB
    http://www.masukitb.com
    http://multimedia.itb.ac.id

    • Terima kasih sudah berkunjung. InsyaAllah join dsana. Semoga bermanfaat.

      *tuuuh, buat adek-adek smua, yang pengen tau lebih banyak tentang Kampus Gajah, silakan join di link di atas.. ;)*

  14. Assalamu’alaikum. wr.wb
    Mbak, saya tertarik banget kuliah farmasi di itb.
    Tapi akhir-akhir ini saya jd bingung, pas lagi googling nyari info farmasi, saya nemuin gerakan anti kuliah farmasi, banyak banget alsannya, dari mulai kuliah yang sangat melelahkan, pratikumnya banyak, gak bs tidur, laporannya banyak, susah, dsb.
    Terus kemarin kebetulan chatting sm kakak kelas yang kuliah farmasi d univ.x, saya bilang k dia saya juga mau kuliah farmasi, trus dia bilang jgn smp nyesel kuliah farmasi, intinya dia menyarankan saya jgn kuliah farmasi, dan alasannya mirip dengan gerakan yg anti farmasi td.
    Makanya sy bingung kok anak farmasinya sendiri malah ngomong gitu, jd sebenernya kuliah farmasi itu kayak apa sih mbak? Memang segitu melehkannya?
    trus gimana perkuliahan farmasi di itb?
    Terima kasih Mbak.

    • Wa’alaikumsalam warohmatullah wabarokatuh.. πŸ™‚
      hmm, yang disampaikan itu emang bener semua kok.bener sekali.
      sebegitu melelahkan iya.tapi as I say, ‘melakukan sesuatu yang kita sukai itu menyenangkan’.
      emang ada ya kuliah yang ‘leha-leha’ trus nyante-nyante gitu..menurut saya sih nggak ada.
      ada effort/pengorbanan yang dibutuhkan.
      klo kuliah di farmasi itb? yaa begitulah..terserah masing2 mahasiswa mau menggunakan masa kuliahnya untuk apa aja..mau study oriented, mau sambil berorganisasi, mau sambil jadi wiraswasta, semuanya masih memungkinkan.. πŸ˜€ tinggal pilih aja mau menjalani seperti apa…

      *selama masa kuliah, saya sih seneng banget..kalopun ada capek-capeknya gitu, saya rasa itu efek samping aja dari pilihan yang sudah diambil.dan malah sekarang saya jadi kangen masa kuliah itu.. *

  15. he.. gitu yaa.
    Makasih banyak yaa mbak, saya jadi semangat lagi nih.:)
    Bener banget, saya lupa klo segala sesuatu yg dilakukan dengan hati senang selelah apapun pasti menyenangkan.^^
    Do’ain saya yaa mbak, tahun depan jadi mahasiswi SF ITB.

    • lumayan Wan, bahkan sampe imel2an biasanya.. πŸ™‚
      di masukitb.com cuma ndaftar aja, belom nulis2, bingung, mau nulis apa..mungkin Ikhwan..?

  16. asalamualikum teteh ,alam kenal …. skrg saya lulusan smp,,saya ngambil smk jurusan farmasi, nah klo boleh tau di smk diajarin ttg apa ajh ya ??? makasih ya teteh

  17. asamualaikum
    saya mau nanya, saya ingin kuliah tahun ini masuk jurusan farmasi tapi masih bingung tempatnya, kira2 PTN yg cocok dmna ya? trus farmasi harus menguasai apa saja?
    mksh kak πŸ™‚

    • Ka , saya smk jurusan akuntansi tapi berpikiran utk masuk kuliah jurusan farmasi apa bisa , sedangkan saya tidak ad pengalaman mengenai pelajaran kimia , gmn ka ,apa bisa. ?

  18. ouccgh begituu yaa heeemm aku jg mauu ke farmasii jha ahhccc tpi aku sllu raguu mbakk untuk memilih farmasii,,,, tpi trnyaataa oowww

  19. Assalammualaikum kak
    Kak aku boleh nanya nggak tapi enaknya di fb aja
    kirim inbox ke aku yah kak
    perlu banget nih..
    Makasihh..

  20. permisi kak,saya mahasiswa farmasi semester awal kak. saya ingin bertanya,yang manakah yang lebih menjanjikan untuk masa depan ? farmasi klinik dan komunitas,atau teknologi sediaan farmasi ? oh,iya kak,maaf sebelumnya,saya telah nge-add fb kakak,nama fb saya michael kak

  21. Kaaa , tulisannya bagus.
    Tapi, saya mau lebih detail dong tentang farmasi teknologi dan sainsnya hehe makasih kaaa

  22. Hmmm,,,
    kLw dunia pasien oriented i2 sprti apa yah???

    Pengen tau!!!
    Krn aQ ingin skLi berkecimpung d’dunia Farmasi.

  23. waoowww… kakak hebat ya bisa skolah farmasi di itb.. πŸ˜€
    makasi ya buat info ttg farmasi.. jd tambah tau ttg farmasi n jd tmbh tertarik..
    ini aku skrang lg berjuang buat bisa masuk di fakultas farmasi..
    doain aku yaa… biar bs gabung di dunia farmasi jg..
    hehehe… πŸ˜€

  24. assalamualaikum. masih awam nih di dunia farmasi. saya kelas 3 di smk farmasi. saya masih bingung, apa bedanya S.Si,Apt dg S.Farm,Apt ka? dan brp tahun masa kuliahnya?

    • itu cuman masalah gelar aja kok.. seperti di ITB. sejak wisuda pertama 2010, yakni angkatan 2006 yang lulus normalnya, gelar mereka menjadi S.Farm. kenapa dahulu nya S.Si (Sarjana Sains), karena fakultasnya masih FMIPA. sekarang kan sudah berdiri sendiri. lama kuliah, sarjana normal nya 4 tahun. pendidikan profesi (dg gelar Apt), 1 tahun

  25. hallo ka.. aku mahasiswa farmasi juga, cuma masih bingung mau pilih farmasi tekno atau klinis kira kira lebih enak farmasi klinis atau tekno? terus biasa kalo penelitian yang klinis itu membahas apa aja ya ka? terus beda matkul klinis sama tekno itu apa aj ya ka..

    • kalo bingung, pegangan dulu aja yak : D hehehe. yaa, kalo muslim, silakan istikhoroh. kalo menurut saya, kalo utk ibuibu atau perempuan, kayaknya lebih menarik di klinis ya

  26. Searching farmasi itb tiba2 nyangkut disini… πŸ™‚ hebat bener win.. sejak posting sampe skrg msh direply πŸ˜€
    boleh dong kak kasih tau alamatnya.. biar bisa nanya2 sambil berkunjung.. hehehe

    • hahaha. long time no see teh rika.. πŸ˜€ iyaa. ini postingan rame betuuuuul. bahkan gak jarang sampe kirim email/nginbox ke fb segala. yaaa,, semoga kontribusi yang gak ada apa-apa nya ini, bisa membantu dan bermanfaat.. saya pernah merasakan gimana blank nya milih jurusan dan universitas. jadi, pas mereka nanya, berarti emang beneran butuh info. tapi ya gitu, kadang2 selow respon πŸ˜€ jadi ya adek-adek, bisa hubungi kakak rika. πŸ™‚ silakang berkunjung ke Sekolah Farmasi ITB, Labtek VII, Jalan Ganesha 10. cari aja ibu Rika yang baik hati πŸ™‚

  27. assalamualaikum,,
    mbak mau nanya, bener gak sih kalu kita ambil jurusan s1 farmasi,,kalu udh lulus itu harus berlanjut lagi k profesi apotekernya,,,jadi kuliah lagi selama 1 tahunan gitu. bener gk sih? mohon blasannya. terimakasih

  28. Asalamualaikum
    Kak aku baru semester 1.tpi aku rsa2nya takut ngejlni d farmasi..aku tkut ndak bisa mengikuti…aku sering nangis kalau aku takut.gmna kak solusinya agar aku bisa semngat kuliah di farmasi

  29. assalamualaikum kak,
    kak, aku lulusan smk akuntansi tapi ada sedikit tertarik kuliah di farmasi, gara2y pernah kerja dipabrik farmasi kira2 aku kalo kuliah ngambil farmasi itu aku bisa ngikutin materinya ngga yah kan beda jauh sama smknya dulu ??

  30. ass, kak saya sekarang kls 2 SMA, saya berminat di farmasi. saya ingin mengetahui bnyak tntng farmasi. tlng add fb saya ya kak Febby Andanhe. mksih kaak. πŸ™‚

  31. Ka klo untuk yg ga jago hitung hitungan itu gmna? Atau ada ga sih kemampuan yg harus kita punya sebelum masuk jurusan farmasi ,?

Leave a Reply

