Diet

Katanya jadi wanita itu harus memperhatikan, merawat dan menjaga anugerah yang telah diberikan oleh Sang Pencipta. Nah, yang satu ini berhubungan dengan berat badan. Umumnya, masalah berat badan termasuk masalah yang sangat sensitif untuk kaum hawa. Aku? Ya, cukup tidak peduli sebenarnya dengan masalah berat badan. Asalkan sehat, mau gendut, mau kurus, it’s up to you. Di postingan yang telah lalu, aku sudah memberitahukan tentang bagaimana menghitung BMI (body mass index) untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam kategori ideal atau tidak.

Nah, beberapa bulan terakhir ini, aku agak risih dengan pertambahan berat badan yang cukup tidak terkendali. Hehe, sampai-sampai, bapak-bapak dan mas-mas yang menjaga parkir sepeda motor di kampus berkata: “Wina, nampak makin gendut kamu ya???”

Hehe, ini adalah sebuah alarm, hello Wina, sepertinya harus mulai aware dengan berat badan. Ternyata benar saja, begitu menimbang berat badan, terjadilah pertambahan berat badan yang cukup signifikan untuk menambah bulatan di pipi. Hehe,,,yang sebenarnya terjadi adalah aku cukup berada dalam tekanan alias stress akibat memikirkan TA, nah, kalau orang lain stress mengakibatkan mereka menjadi kurus akibat susah makan, aku mengalami kondisi yang jauh berkebalikan. Semakin stress akan semakin sering makan, lebih tepatnya nyemil, nah inilah sepertinya penyebab kegendutan yang terjadi. Dari sinilah, akhirnya aku memutuskan untuk diet, temans… Hehe, cukup heboh juga sepertinya yah, kayak gimana gitu… Tapi ini penting. Karena kondisi kegemukan yang tidak diimbangi dengan pola makan yang baik dan olahraga yang teratur itu konon menjadi faktor risiko timbulnya berbagai penyakit seperti diabetes melitus (kencing manis), PJK (penyakit jantung koroner), stroke, hipertensi (darah tinggi), jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan sejumlah penyakit lainnya. Nah, daripada ntar-ntar jadi berabe, mending sekarang mengatur pola makan.

300_89270

Diet yang aku lakukan ini sebenarnya lebih ke pengaturan pola makan. Makan setiap hari masih tetap normal tiga kali yaitu pagi, siang dan sore. Nah, makan malam diganti menjadi makan sore sebelum jam 6 malam. Lewat jam 6 malam, hentikan segala aktivitas makan terutama nyemil, kalau memang sangat lapar, ganti dengan makan buah seperti apel atau pir. Makan malam apalagi sebelum tidur, sebenarnya tidak baik, sebab ini akan membuat tubuh Anda bekerja ekstra untuk mengolah makanan, belum lagi dari makanan yang dikonsumsi sewaktu pagi hingga sebelum makan malam.

Diet seperti ini tidak mahal, tidak harus memakai obat diet yang sering diiklankan di televisi itu, tetapi sangat membutuhkan komitmen dan pengaturan nafsu makan. Hehe, kalau buatku ini jadi tantangan tersendiri, apalagi kondisi Bandung yang cukup dingin dan membuat manusia beradaptasi dengan banyak makan.

Kalau ditanya tentang hasilnya? Hasilnya cukup memuaskan, sekarang berat badanku sudah cukup stabil kembali di angka yang kuinginkan. Tapi, ya itu, butuh komitmen tinggi…

Oya, diet bukan berarti tidak makan sama sekali lho ya, kasihanilah tubuh kita ini. Tubuh kita juga butuh asupan gizi yang mencukupi.

Okay, semoga bermanfaat, hidup sehat dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur…

Β 

Wallahua’lam bishshawab

Advertisements

10 thoughts on “Diet

    • Resepnya yak? Suka nyemil ga? Nyemil tuh bisa nambah berat badan, soalnya kan ga kerasa tuh… Eh, tapi kLo orang Jawa bilang, tergantung pawaan juga dheng….

  1. wah …
    lama gak ketemu, memang segendut apakah kemarin?

    makan teratur itu bukan cuma menguruskan (bagi yang kegemukan), tapi juga bisa menggemukkan (bagi terlalu kurus).

    • hehe, ga terlalu gendut sih…

      cuma agak tembem…

      iya bener, makan teratur emang ga cuma buat yang gendut aja tuh…

  2. huahaha..
    makanya, jangan kebanyakan TA..

    perbanyak tuh, yang namanya jalan-jalan, ngobrol ma orang, olahraga, rapat, sms-an.. kayak saya.

    hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s