Am I too easygoing?

lil_devil

Easygoing, mungkin sifat itu yang paling menggambarkan seorang Wina.

Kalau ditanya sifat itu baik atau tidak, jawabannya pun akan relatif. Karena tidak selamanya easygoing itu bagus. Dalam kondisi tertentu justru bisa menjadi bumerang untuk diriku sendiri.

Kalau seorang temanku bilang: “Andai saja, aku bisa se-easygoing kamu Wina, harusnya aku tidak perlu menangis hari ini…”

Haha, ya, memang, orang-orang dengan sifat easygoing selalu bisa melewati berbagai kondisi separah apapun kondisi itu terjadi. Kalau toh harus dilalui dengan penuh tangisan air mata, itu akan dilalui, tapi after that, everything will be okay soon, seperti awal kembali. Seolah tak terjadi apa-apa. Kesan yang tampak dari orang-orang sepertiku itu adalah cuek bebek, seolah nggak pernah peduli, acuh tak acuh, apatis, lha pokoknya seperti tampak tak tahu apa-apa. Bisa jadi itu memang dominan terjadi. Sebenarnya, bukannya tidak aware dengan keadaan sekitar, bisa merasa sebenarnya, namun karena sifat cuek dominan, maka akan mengalahkan kepekaan yang sebenarnya dimiliki.

Di banyak kasus, aku sebenarnya bisa menggunakan sense yang kumiliki dengan baik, memprediksi yang akan terjadi, mengamati yang terlihat, dan menganalisis yang mungkin terjadi. Tapi, yang dominan terjadi, terkadang semuanya hanya menjadi sebuah bayangan sekelebat dalam otak saja, dan seringkali berakhir dengan kata-kata: “Ya sudahlah ya…”

Hehe, kalau sudah begini, cukup tidak baik efeknya buatku, karena semua yang kulakukan itu kan akhirnya juga berefek pada diriku sendiri, apalagi kalau ada hubungannya dengan urusan orang lain.

Tapi tenang saja temans, prinsip easygoing yang kuanut berdasar pada sebuah kalimat:

“Kalau aku tidak suka diperlakukan dengan sikap yang tidak kusukai oleh orang lain maka aku pun tak kan melakukan hal serupa kepada orang itu. Jadi, sepanjang sesuatu yang dilakukan oleh orang lain tidak merugikanku, okay, kita bisa berteman baik. Tentunya selama tidak bertentangan dengan masalah aqidah (keyakinan).”

Advertisements

5 thoughts on “Am I too easygoing?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s